Daya Tarik Candi Borobudur

Home / Wisata / Daya Tarik Candi Borobudur
Daya Tarik Candi Borobudur Candi Borobudur. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, MAGELANG – Candi Borobudur merupakan sebuah warisan budaya Indonesia yang memang memiliki kepopuleran hingga ke seluruh penjuru dunia. Candi ini merupakan candi budha terbesar yang ada di dunia dan UNESCO telah menetapkannya sebagai salah satu warisan budaya dunia. Candi Borobudur memiliki arsitektur yang cukup unik dan memiliki bentuk yang begitu megah, hal inilah yang membuat semua orang ingin mengunjunginya.

Asal Usul Candi Borobudur

Candi-Borobudur.jpgCandi Borobudur. (FOTO: kotajogja.com)

Candi Borobudur didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada tahun 800 M, yaitu pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Meski pada saat ini manusia belum mengenal komputer dan peralatan canggih  namun perhitungan arsitektur yang diterapkan oleh Gunadarma dalam pembangunan candi sangatlah canggih yaitu menggunakan sistem interlock. Ada sekitar 2.000.000 balok batu dan 60.000 meter kubik batu andesit disusun sedemikian rupa dari sungai Elo dan Origo dengan cara dipahat dan dirangkai hingga terlihat seperti sebuah puzzle raksasa yang menutupi sebuah bukit kecil hingga membentuk sebuah candi yang begitu indah.

Ada banyak sekali para ilmuwan dunia yang ingin mengungkap cara pembangunan dan juga sejarah dari candi Borobudur, namun hingga kini tak satupun yang berhasil. Ada begitu banyak hal aneh yang tak lazim dari pembangunan candi, salah satunya dari mana asal bebatuan besar untuk membangun candi, dan bagaimana caranya bebatuan tersebut dapat disusun hingga menghasilkan presisi dan arsitektur yang sangat rapi.

Wisata Candi Borobudur

Candi-Borobudur-2.jpgCandi Borobudur. (FOTO: Traveloka.com)

Borobudur memang menjadi salah candi dengan relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. bagian dindingnya saja dihiasi dengan 2.672 panel relief dan juga 504 arca Budha. Candi ini juga memiliki 16 teras dan 3 pelataran yang melingkar. Tak hanya memiliki nilai seni yang teramat tinggi, karya ini juga menjadi bukti peradaban manusia dengan nilai filosofis.

Menikmati kemegahan dari Candi Borobudur tidak hanya dengan menelusuri lorong dan dan menikmati relief arsitektur bangunannya, anda juga dapat menyaksikan sunrise dan sunset dari atas candi yang dapat membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Berwisata ke candi Borobudur anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai objek wisata menarik lainnya di sekitar candi. Karena memang di sekitar candi Borobudur dipenuhi dengan aneka ragam objek wisata menarik. Beberapa diantaranya yaitu;

1. Punthuk Setumpu

Punthuk-Setumpu.jpgPunthuk Setumpu. (FOTO: Super Adventure)

Objek wisata pertama yang ada di sekitar candi Borobudur adalah Punthuk Setumpu. Wisata ini hanya berjarak sekitar 5 km dari candi yang menyuguhkan spot alam yang begitu menakjubkan. Pemandangan spot landscape dari atas bukit sangatlah indah terlebih saat pagi hari yang disertakan dengan cahaya mentari pagi.

2. Ketep Pass

Ketep-Pass.jpgKetep Pass. (FOTO: Persada Solo)

Tempat ini merupakan objek wisata yang menawarkan view gunung merapi yang sangat indah, dan dapat dijangkau hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Candi Borobudur.

3. Pinusan Kragilan

Pinusan-Kragilan.jpgPinusan Kragilan. (FOTO: Ardian Kusuma)

Berjarak sekitar 33 km dari Candi Borobudur lokasi wisata pinusan Kragilan ini tak boleh anda lewatkan. Tempat wisata yang satu ini memang tengah hits di kalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara karena memang menawarkan tempat selfie yang sangat indah. Dengan latar pepohonan pinus yang menyuguhkan nuansa sejuk dan nyaman.

4. Kyai Langgeng

Kyai-Langgeng.jpgKyai Langgeng. (FOTO: www.kyailanggeng.com)

Objek wisata lainnya yang dapat anda jumpai di sekitar Candi Borobudur yaitu Kyai Langgeng. Wisata Kyai Langgeng ini terletak di tengah kota Magelang. Tempat wisata ini berapa taman bermain yang sangat luas dan menyenangkan. Ada berbagai macam wahana permainan yang dapat anda coba.

5. Pemandian Candi Umbul

Pemandian-Candi-Umbul.jpg

Pemandian Candi Umbul. (FOTO: repyssa)

Pemandian Candi Umbul ini merupakan sebuah objek wisata situs purbakala pemandian air panas yang ada di kawasan Candi Borobudur Magelang yaitu hanya sekitar 36 km dari Borobudur. Kawasan ini menawarkan udara yang sangat sejuk dengan air panas yang tidak terlalu berbau menyengat.

Itu dia info mengenai tempat wisata candi Borobudur yang harus anda ketahui, dengan mengetahui informasi secara detail mengenai candi Borobudur tentunya akan membuat suasana liburan anda nantinya semakin menyenangkan. Lokasi wisata candi Borobudur memang menjadi objek wisata terbaik yang tidak boleh anda lewatkan dari daftar penjelajahan anda. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com