Bakpia dan Gudeg Diakui sebagai Cagar Budaya Tak Benda

Home / Wisata / Bakpia dan Gudeg Diakui sebagai Cagar Budaya Tak Benda
Bakpia dan Gudeg Diakui sebagai Cagar Budaya Tak Benda Gudeg Jogja (FOTO: gudegyudjumpusat.com)

TIMESSURABAYA, YOGYAKARTA – Warga Kota Yogyakarta patut berbangga. Kebanggaan itu layak dikumandangkan karena dua makanan khas kota pelajar ini, yakni gudeg dan bakpia mendapatkan dua sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sekaligus dari Dinas Kebudayaan DIY. 

Penyerahan sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Pendopo Balai Desa Pleret, Bantul pada Jumat malam (12/10/2018).

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi merasa bangga lantaran makanan khas Yogyakarta mendapatkan pengakuan pemerintah sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Penyerahan-Sertifikat-penghargaan-warisan-budaya.jpgPenyerahan Sertifikat penghargaan warisan budaya tak benda. (FOTO: Dinas Kebudayaan For TIMES Indonesia)

“Mari kita jaga sama-sama makanan khas Yogyakarta ini. Jangan sampai makanan Bapkia dan Gudeg ini hilang tertelan jaman,” pinta Heroe.

Warisan budaya yang diberikan sertifikat merupakan makanan khas Yogyakarta yaitu Bakpia dan Gudeg. 

“Karya Warisan Budaya Tak Benda ini harus terus dijaga, dikembangkan dan dilestarikan. Tentu perlu dipromosikan ke masyarakat luas,” kata Sri Sultan HB X.

Ada lima hal yang mendapatkan sertifikat  yaitu tradisi, ekspresi lisan, seni pertunjukkan, ada istiadat masyarakat, dan kemahiran kerajinan tradisional. Pemberian penghargaan ini bagian apresiasi negara kepada pemerintah daerah untuk memajukan kebudayaan di wilayahnya masing-masing.

“Kebudayaan menjadi modal utama menuju bangsa besar dengan karakter yang kuat dan tidak akan goyah dengan cobaan,” tandasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com