Jatim Park 3 Gelar Kompetisi Robot Berbahan Daur Ulang

Home / Wisata / Jatim Park 3 Gelar Kompetisi Robot Berbahan Daur Ulang
Jatim Park 3 Gelar Kompetisi Robot Berbahan Daur Ulang Robot Challege yang diadakan oleh Fun Tech Jatim Park 3 mengusung tema Low Cost Competition. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BATU – Botol plastik pun bisa disulap menjadi sebuah robot canggih. Bahan daur ulang ini didesain sedemikian rupa hingga terciptalah sebuah robot yang bisa memberikan manfaat untuk manusia.

Semua itu bisa kita temukan di Wonderful Indonesia Robot Challenge yang diselenggarakan Fun Tech Plaza Jatim Park 3, Kota Batu mulai hari ini (13/10/2018) hingga hari Senin(15/10/2018).

Kompetisi-Robot-2.jpg

Kompetisi robot bertemakan Low Cost Competition ini diikuti siswa SD hingga SMA. Beberapa mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi juga ikut menyemarakkan even ini dengan memamerkan robot buatan mereka.

“Kompetisi robot ini sebenarnya kompetisi tahunan. Hanya saja tahun lalu kita selenggarakan di Ecco Green, tahun ini kita gelar di Fun Tech Plaza, Jatim Park 3," kata Agung Ketua Panitia Wonderful Indonesia Robot Chalange.

Agung menjelaskan, kompetisi ini dibagi dalam dua kategori yakni Junior dengan peserta dari SD hingga SMP dan Senior untuk SMA se derajat.

Kompetisi-Robot-3.jpg

Jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 200 peserta dari 50 sekolah. 
“Lewat even ini kita ingin memberikan apresiasi terhadap karya anak bangsa yang bergerak di bidang robot,” kata Agung.

Ada delapan kelas yang dipertandingkan yakni Robot Soccer, Robot Sumo, Robot Rescue, Robot Fire Fighter, Robot Underwater, Robot Gathering, Drone racing dan Maze Solving.

Kompetisi robot ini tidak hanya dinilai dari kecanggihannya, namun mudah diaplikasikan dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Seperti tahun lalu, robot yang menjadi pemenang adalah robot yang bisa bikin makanan yakni mie instan,” ujar Agung.

Menurutnya, setiap kategori memiliki teknis pertandingan tersendiri, mulai dari display dan presentasi fungsi, hingga pertandingan langsung.

Kompetisi-Robot-4.jpg

Seperti robot soccer, dua tim langsung berhadapan untuk memperebutkan skor tertinggi. Begitu juga dengan Robot Sumo, robot yang mampu mendorong robot lawan hingga keluar dari lingkaran, dialah pemenangnya.

Ada juga robot yang berlomba memadamkan api, hingga menyelesaikan tantangan di dalam air.

“Beda peserta junior dengan senior adalah kalau junior menggunakan remote, kalau senior menggunakan sensor,” ujar Agung.

Sementara itu Jimly Adam Ahmad, siswa kelas 12, siswa SMK Muhamadiyah 7 Gondanglegi kembali mengikuti kompetisi robot ini setelah tahun lalu menjadi juara 1 Robot Low Cost.

Kompetisi-Robot-5.jpg

“Sekarang kita membuat sebuah robot dengan biaya minim, yakni recycle robot pencuci piring,” ujar Jimly.

Ia bersama timnya mendadak membuat robot, karena baru saja mendapatkan info tentang kegiatan ini. 

“Robot kita buat dengan biaya seminimal mungkin, biayanya kurang lebih Rp 50 ribu. Bahan yang kita gunakan printer bekas, box bekas, paralon dan pompa air bekas,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com