Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Makanan Ini

Home / Gaya Hidup / Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Makanan Ini
Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Makanan Ini ILUSTRASI. Makan bayam dapat mengatasi masalah darah rendah. (FOTO: diyhealthremedy.com)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Dalam beberapa kasus, memiliki tekanan darah rendah bukanlah suatu kondisi yang serius. Namun jika hal ini sering mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya Anda bicarakan dengan dokter Anda.

Selain berkonsultasi ke dokter, Anda juga dapat mencoba meningkatkan tekanan darah lewat makanan yang sehari-hari Anda santap. Bagi penderita tekanan darah rendah, makanan yang disarankan adalah yang mengandung natrium dan sodium. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut beberapa buah dan sayur yang baik untuk mengatasi tekanan darah rendah Anda.

1. Bayam
Kandungan natrium dalam bayam sebenarnya hanya 4 mg per 100 gram. Meskipun terbilang cukup sedikit, namun bayam mengandung 92 persen air yang cukup baik untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu bayam juga kaya akan folat yang dapat membantu melemaskan pembuluh darah dan mempertahankan kelancaran aliran darah.

2. Wortel
Wortel merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan natrium. Wortel mengandung 70 mg natrium per 100 gram dan mengandung air sebesar 87 persen yang baik untuk menjaga tekanan darah.

3. Buah Bit
Buah bit mengandung natrium sebesar 36 mg dan kalium sebesar 330 mg. Selain berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, buah bit juga kaya akan antioksidan yang baik bagi jantung. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, bisa ditambahkan ke dalam salad, atau diolah menjadi jus bit yang segar.

4. Timun
Kandungan air dalam timun terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 96 persen. Bagi Anda penderita hipotensi, sebaiknya jangan lewatkan timun dalam hidangan Anda. Timun banyak disajikan sebagai pelengkap masakan dalam lalapan, acar, dan gado-gado.

5. Seledri 
Bukan hanya daunnya, namun batang seledri juga kaya akan natrium. Daun seledri mengandung 96 mg natrium per 100 gram sedangkan batangnya mengandung 75 mg natrium per 100 gram. Selain itu seledri juga juga banyak mengandung air dan folat. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com