Lagi, Tim BET Cipelang dan STPP Malang Lakukan Transfer Embrio

Home / Berita / Lagi, Tim BET Cipelang dan STPP Malang Lakukan Transfer Embrio
Lagi, Tim BET Cipelang dan STPP Malang Lakukan Transfer Embrio Tim BET Cipelang dan STPP Malang saat berada di kandang ternak STPP Malang untuk pelaksanaan transfer embrio sapi belgian blue tahap dua. (FOTO: Humas STPP Malang for TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, MALANG – Tim dari Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang, Bogor bersama Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, kembali beraksi. Mereka bersiap melaksanakan transfer embrio tahap kedua.

Sebelumnya, pada dua pekan lalu, dilaksanakan aplikasi transfer embrio pada ternak di kampus STPP Malang. Saat itu, ada 2 sapi resipien (penerima embrio) yang dapat diaplikasi transfer embrio.

Kegiatan transfer embrio ini merupakan bagian upaya Kementerian Pertanian untuk mewujudkan swasembada daging, melalui pengembangan sapi Belgian Blue.

Sebelum dilakukan transfer embrio, tim memeriksa kondisi ternak sapi yang akan diaplikasi. Sikin dari tim BET Cipelang menjelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap kondisi sapi. Syarat utama untuk transfer, kondisi ternak harus bener-benar dalam kondisi prima dan siap. 

"Siap dalam artian secara reproduksi sapi penerima embrio (resipian) dalam kondisi birahi atau matang secara reproduksi," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (26/1/2018).

BACA JUGA: Transfer Embrio Sapi Belgian Blue di STPP Malang

Terdapat 6 ekor sapi yang dianggap siap secara reproduksi diperiksa kondisinya. Melalui pemeriksaan selama sekitar 3 jam, diperoleh 3 ekor sapi yang bisa diaplikasikan transfer embrio.

“Kemungkinan 3 ekor yang siap aplikasi. Semoga tidak ada kendala, dan aplikasi transfer embrio berjalan lancar," ucap Johan Sumarsono dari tim STPP Malang.

Kementerian Pertanian menargetkan, sampai akhir Maret 2018, ada 30 ekor sapi resipien yang sudah tertanam embrio sapi Belgian Blue. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com