Ingin Atasi Ketombe Secara Alami, Gunakan Bahan Ini

Home / Gaya Hidup / Ingin Atasi Ketombe Secara Alami, Gunakan Bahan Ini
Ingin Atasi Ketombe Secara Alami, Gunakan Bahan Ini ILUSTRASI. Mengatasi ketombe dengan masker minyak zaitun. (FOTO: homeremedyhacks.com)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang paling sering dialami. Meski ketombe tidak menular atau jarang sekali menjadi penyakit yang serius, kondisi ini bisa mengganggu penampilan, terutama keindahan rambut.

Sebenarnya ada banyak produk shampo yang diklaim ampuh mengatasi ketombe. Namun, selain menggunakan produk berbahan kimia, Anda juga bisa mencoba cara alami untuk mengatasi ketombe. Dilansir dari berbagai sumber, berikut bahan alami yang bisa mengatasi ketombe.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun bermanfaat untuk melembapkan rambut dan daerah kulit kepala yang kering. Dengan begitu, kulit kepala jadi lebih sehat dan enggak muncul ketombe. Caranya sangat mudah, balurkan dan pijat minyak zaitun sebelum tidur kemudian bilas dengan sampo di pagi hari.

Cuka Apel
Selain untuk mengatasi jerawat, cuka apel juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Kandungan asam pada cuka juga dapat mengurangi gatal pada kepala. Cara menggunakannya adalah dengan memijat kepala dengan cuka, kemudian bilas dengan sampo seperti biasa.

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat mengurangi munculnya ketombe di kepala. Caranya, aplikasikan yogurt sebagai masker rambut dan diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air.

Baking Soda
Baking soda dapat digunakan sebagai exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga bisa juga digunakan untuk mengatasi ketombe. Cara menggunakannya dengan mencampurkan baking soda dengan sampo, lalu keramas seperti biasa.

Lemon dan Minyak Kelapa
Penyebab munculnya ketombe bisa jadi disebabkan oleh enggak seimbangnya pH area kulit kepala. Dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa kita dapat mengembalikan pH di kepala sehingga enggak muncul ketombe lagi. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com