Dewanti akan Gandeng Sekolah untuk Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Home / Pendidikan / Dewanti akan Gandeng Sekolah untuk Pelatihan Bantuan Hidup Dasar
Dewanti akan Gandeng Sekolah untuk Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Malang Raya, Dewanti Rumpoko di Balai Kota Among Tani, Jumat (26/1/2018). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BATU – Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Malang Raya, Dewanti Rumpoko berencana menggandeng sekolah-sekolah untuk dilatih bantuan hidup dasar. Keterampilan tersebut diperlukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada serangan jantung.

"Memang dalam keadaan normal tidak diperlukan, tapi kita tidak tahu kapan memerlukan pertolongan untuk bantuan hidup dasar," kata Dewanti saat memimpin rapat YJI cabang Malang Raya, Jumat (26/1/2018) di Balai Kota Among Tani. 

Dia mencontohkan kejadian yang dialami almarhum Plt Sekda Kota Batu, Achmad Suparto. Saat bermain futsal, Achmad Suparto mengalami serangan jantung dan akhirnya meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit. 

Untuk itu, kata Dewanti, pelatihan bantuan hidup dasar perlu diajarkan di sekolah-sekolah. "Bisa lewat Pramuka, PMR, UKS. Kita bisa bekerja sama dengan sekolah untuk melatih," ujar Wali Kota Batu ini.

Selama ini, lanjutnya, pelatihan yang sudah kerap dilakukan, diikuti oleh mereka yang sudah mengerti atau memiliki keterampilan tersebut. Alhasil, belum viral atau meluas ke masyarakat.

Melalui YJI Malang Raya, Dewanti akan bekerja sama dengan tiga pemerintah daerah, yakni Pemkot Malang, Pemkot Batu, dan Pemkab Malang. "

"Kita akan melakukan pelatihan bantuan hidup dasar. Dana kegiatannya bisa diambil dari dana hibah yang ada," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com