Entrepreneur

Cetak Wirausahawan, Unikama Gelar Parade Entrepreneur

Home / Pendidikan / Cetak Wirausahawan, Unikama Gelar Parade Entrepreneur
Cetak Wirausahawan, Unikama Gelar Parade Entrepreneur Suasana kegiatan parade enterpreneur di Unikama. (FOTO: Imadudin/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, MALANG – Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Parade Entrepreneur. Acara yang mengandeng Baitul Mal Hidayatullah (BMH) dan Quantum Sinergi Umat (QSU) ini digelar di Auditorium Multi Kultural, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2017).

Dalam kegiatan ini ada tiga pemateri yang dihadirkan untuk menyiapkan para wirausahawan muda, yakni Founder Serikat Saudagar Nusantara, Imam Elfahmi, Ustad Ahmad Jalaludin dan pengusaha muda Iqbal Saladin Harahap.

Dalam pemaparannya, Imam Elfahmi, menanggapi positif pertumbuhan entrepreneur di Indonesia, khususnya Kota Malang. Menurutnya, saat ini sudah banyak usaha yang telah berkembang pesat.

"Ini terlihat dari banyaknya munculnya pebisnis muda, pebisnis online, dan pebisnis muslim yang terus bertumbuh," kata Imam.

Imam mengatakan ada berbagai faktor penting dalam membangun bisnis. Ia menyebutkan untuk proses awal ada tahapan yang perlu dilewati, diantara mengenali pesaing bisnis.

"Anda harus paham, siapa pesaing anda mulai dari yang terlama, terbaru, terbesar, terunik dan terdekat. Setiap itu, harus harus ada minimal 3," katanya.

Setelah itu, para pengusaha harus mampu melakukan audit pesaing dengan menganalisis produk, people, proses, place, promosion, package, pocket of excellence, project, power, position, patner, dan price.

Selain itu, ia juga mengingatkan pengusaha untuk bergerak secara online dan offline. Sebab, bisnis tak bisa bergerak seimbang jika hanya terfokus pada marketing yang dilakukan secara online ataupun offline. 

"Keduanya harus berjalan imbang, untuk memudahkan promosi dan mendekatkan diri pada masyarakat," tambahnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com