Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unikama Gelar Workshop PHBD

Home / Pendidikan / Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unikama Gelar Workshop PHBD
Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Unikama Gelar Workshop PHBD Kampus Uversitas Kanjuruhan Malang. (FOTO: unikama.ac.id)

TIMESSURABAYA, MALANG – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Workshop Program Hibah Bina Desa (PHBD), Jumat (5/1/2018).

Workshop yang digelar di Auditorium Multikultural Unikama, Kota Malang, Jawa Timur, tersebut merupakan kegiatan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Unikama.

Dekan FST, Dr. I Ketut Suastika, mengatakan program Hibah Bina Desa (PHBD) adalah program dari Dikti untuk mahasiswa dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa. Program yang melibatkan kreatifitas mahasiswa ini, dilakukan dengan sistem seleksi proposal dengan beberapa tahapan.

"Hibah ini diperoleh lewat seleksi, dengan ada beberapa tahapan sampai kependanaan," katanya.

Dalam workshop ini, mahasiswa diberikan trik-trik dalam membuat proposal yang baik, dengan harapan akan ada proposal yang didanai nantinya.

Ketut berharap setelah UAS, tepatnya saat para mahasiswa yang kembali ke kampung halaman. Mahasiswa dapat segera melakukan obeservasi terkait permasalahan yg ada di desanya. 

"Saat kembali ke kampus, para mahasiswa dapat mendiskusikan hasil permasalahan yang ditemukan dengan timnya dan dosen pembimbingnya, sehingga menjadi solusi yang baik," katanya.

Sebagai informasi, di tahun 2017,  ada 4 proposal mahasiswa Unikama yang lolos sampai tahap akhir presentasi. Namun dari 4 proposal tersebut hanya 1 proposal yang didanai dalam PHBD. 

Keberhasilan meloloskan 4 proposal PHBD sampai tahap presentasi, dinilai Ketut merupakan itu capaian yang bagus.

"Semua proposal itu berasal dari FST. Mohon doanya, semoga tahun ini yang lolos pendanaan bisa lebih bertambah," tandasnya. 

Dalam kegiatan ini juga turut menghadirkan dua pemateri, yaitu Syahminan MKom dari Prodi Teknik Informatika dan Rizki Dinullah MSi dari Prodi Pendidikan Matematika.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com