Tubuh Mudah Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Home / Gaya Hidup / Tubuh Mudah Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Tubuh Mudah Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya ILUSTRASI: Lelah (FOTO: Vemale)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Tubuh yang dalam kondisi prima tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Namun, ada beberapa orang yang memiliki kondisi tubuh mudah lelah. Hal ini tentunya akan membuat aktifitas terhambat.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Dilansir dari Hello Sehat, berikut beberapa penyebab tubuh mudah lelah.

Kurang Istirahat
Dalam hal ini, istirahat terbaik adalah tidur. Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu minimal 7 sampai 8 jam sehari untuk mencukupi kebutuhan tidurnya. Kurang istirahat bisa membuat anda menjadi mudah lelah.

Gangguan Tidur
Gangguan tidur yang sering menyebabkan tubuh mudah lelah adalah adalah sleep apnea. Sleep apnea ini merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan sulit napas pada saat tertidur dan terjadi berulang-ulang. Hal ini membuat kita merasa mudah lelah meskipun sudah mendapatkan waktu yang tidur yang cukup.

Anemia
Anemia juga menjadi salah satu penyebab tubuh mudah lelah. Terutama bagi wanita saat dalam periode menstruasi. Gejala anemia atau kekurangan sel darah merah membuat tubuh mudah lelah karena sel darah merah sangat dibutuhkan dalam proses membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Deperesi
Selain menyebabkan gangguan emosi, depresi juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah. Hal paling terlihat dari hal ini adalah mereka yang terkena depresi biasanya mudah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

Kurang Energi
Kurang energi dalam hal ini salah satunya karena kurangnya makanan. Tetapi makan terlalu berlebihan pun bisa menyebabkan masalah lain. Cukupilah kebutuhan makanan anda agar tubuh anda menjadi tidak mudah lelah.

Kebanyakan Mengkonsumsi Kafein
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan meningkatnya detak jantung, tekanan darah, dan juga kejang. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kafein akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah.

Dehidrasi
Salah satu penyebab kelelahan juga adalah ketika tubuh terkena dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh membuat tubuh menjadi lebih prima dalam beraktifitas. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com