Catatan Fiska Maulidian Nugroho SH MH *

Perda vs Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender

Home / Opini / Perda vs Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender
Perda vs Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender Fiska Maulidian Nugroho, S.H., M.H (GRAFIS: TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JEMBER – Sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, aturan hukum pidana selain RKUHP, juga diharapkan perda dapat tercermin "scripta, stricta, dan certa" tertulis, sesuai dengan bunyi yang ditulis dan tidak mengundang multitafsir, singkat, padat, dan jelas. Penulis menyampaikan kritik bahwa sampai saat ini, Indonesia sedang mengalami beberapa hal yang harus diperhatikan. Beberapa pandangan yang disuguhkan menghasilkan orientasi pada hukum yang adil dan tidak adil.

Preseden yang paling menonjol adalah prasangka bersalah pada tersangka Setya Novanto, padahal belum tentu dia dipidana. Jika Pengadilan Negeri (PN) Jakarta membebaskan Setya Novanto, apa kata dunia? Tentu lagi-lagi, hakim yang disalahkan. Biarlah hakim memeriksa seadil-adilnya. Toh, ada masalah yang juga tidak kalah penting selain kasus korupsi e-KTP tersebut. Yaitu, isu LGBT. Karena saat ini isi LGBT seperti garam, makin tidak diperhatikan, makin mengasini sekelilingnya. Menurut penulis hal tersebut jelas-jelas yang harus diperhatikan, mau dilegalkan atau dilarang? 

Karena sejatinya untuk isu yang satu itu jelas belum diatur di dalam KUHP. Mau dipidana seperti apa pasalnya, pelakunya pasti lolos. Selama ini hanya delik asusila, cabul, dan perkosaan yang disediakan oleh KUHP. Itu pun belum sepenuhnya utuh. Apakah ada aturan untuk pelaku LGBT sementara hukum pidana harus "secepat mungkin diatur di khasanah hukum pidana secara materiil, karena hakiki adalah hal yang dicari pada proses pembuktian hukum pidana. 

Setidaknya, yang terjadi ketika pendukung dan aktivis LGBT merasa dirinya menang adalah saat Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan perluasan atas delik zina beberapa waktu lalu. MK tidak keliru. Yang keliru adalah aktivis LGBT atau bahkan masyarakatnya yang sampai percaya bahwa MK telah digosipkan mendukung LGBT. Inilah yang harus diluruskan.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com