Dewan akan Panggil RSUD dr. Moh Saleh Terkait Kelangkaan Obat

Home / Berita / Dewan akan Panggil RSUD dr. Moh Saleh Terkait Kelangkaan Obat
Dewan akan Panggil RSUD dr. Moh Saleh Terkait Kelangkaan Obat Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo, Agus Riyanto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, PROBOLINGGO – Langkanya sejumlah obat di RSUD dr Moh Saleh, Kota Probolinggo, Jatim, menjadi keprihatinan DPRD kota setempat. Pekan depan, dewan akan memanggil manajemen RSUD dan pihak terkait untuk mencari solusi.

Agenda itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo, Agus Riyanto, Jumat (5/1/2018) sore. Komisi ini menjadi mitra RSUD dan satker lain yang terkait dengan kesejahteraan masyarakat dan infrastruktur.

"Pekan depan akan kami panggil. (Selain soal obat, Red) Juga terkait dengan proyek infrastruktur dan lainnya," kata Agus kepada TIMES Indonesia. BPJS Kesehatan juga akan diminta klarifikasi.

Politisi PDIP ini ingin memastikan, persoalan utang-piutang di RSUD tak mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, rapat dengar pendapat (hearing) perlu segera dilakukan untuk mencari jalan keluar.

Sebagai informasi, pada berita sebelumnya, akibat piutang sebesar Rp 22,9 Miliar lebih tak terbayar, RSUD Dokter Mochammad Saleh Kota Probolinggo Jawa Timur, mengalami kelangkaan obat. Ini terjadi karena pihak rumah sakit tidak bisa membayar utang pembayaran obat dan membuat sejumlah jenis obat mengalami kelangkaan.

Piutang tersebut, sekitar Rp 21,9 miliar masih berada di badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS). Sementara sisanya, merupakan tagihan ke pihak swasta maupun pasien umum yang belum dibayar ke pihak rumah sakit.

Karena piutang yang belum terbayarkan itu, RSUD memiliki hutang sebesar Rp 9 miliar kepada pabrik farmasi. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com