Pilgub Jatim 2018

Panwaslu Kabupaten Jember Siap Hadapi Pilgub Jatim

Home / Berita / Panwaslu Kabupaten Jember Siap Hadapi Pilgub Jatim
Panwaslu Kabupaten Jember Siap Hadapi Pilgub Jatim Andhika A. Firmansyah, Komisioner Panwaslu Divisi Hukum saat ditemui di Kantornya (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JEMBER – Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada 2018 ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jember melakukan persiapan matang. Di antaranya dengan melakukan perekrutan panitia pengawas lapangan (PPL) sebanyak 248 orang.

Andhika A. Firmansyah, Komisioner Panwaslu Divisi Hukum mengatakan, bahwa jumlah tersebut hasil dari perekrutan PPL di 31 kecamatan.

"Insya Allah perekrutan sudah berjalan tinggal melakukan seleksi dan pada pertengahan bulan Januari 2018 ini akan dilakukan pelantikan," ujarnya saat ditemui di Kantor Panwalu Kabupaten, Jum'at, (5/1/2018).

Menurut Andhika, selain melakukan perekrutan, Panwaslu juga melakukan sosialisasi tentang pengawasan partisipatif. Pengawasan itu akan melibatkan masyarakat untuk memaksimalkan pengawasan selama masa kampanye hingga pemilu.

"Kami undang elemen masyarakat, stakeholder, ormas, dan lain-lain. Tujuannya untuk melakukan pencegahan pelanggaran pemilu, maka keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan," imbuhnya.

Selain itu juga Panwaslu Kabupaten Jember juga sudah melakukan MoU dengan Polres Jember, untuk membentuk sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) dalam memproses laporan penyelenggaraan pemilu.

Andhika menegaskan, bila masyarakat menemukan pelanggaran pemilu baik di tingkat TPS, tingkat desa hingga kecamatan bisa melaporkan langsung pada PPL yang ada di sana.

"Laporan yang diterima ini akan kami pelajari dan dipilah apakah terdapat dua alat bukti, bila tidak maka pengawas tingkat kecamatan akan mengecek hingga tingkat TPS terkait laporan tersebut," tambahnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com