Apresiasi UB, JK Ingatkan Pentingnya Teknologi untuk Makmurkan Indonesia

Home / Berita / Apresiasi UB, JK Ingatkan Pentingnya Teknologi untuk Makmurkan Indonesia
Apresiasi UB, JK Ingatkan Pentingnya Teknologi untuk Makmurkan Indonesia Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (Foto: Tria/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, MALANG – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengapresiasi Universitas Brawijaya (UB) yang ingin  mengabdikan diri dalam pengembangan dalam pengembangan ekonomi hingga ke hilirisasi Inovasi dan start up bisnis. 

Hal ini disampaikannya saat menjadi pemateri dalam Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start Up Bisnis, yang berlangsung di Unuversitas Brawijaya, Kota Malang, Senin (4/12/2017).

Ia mengatakan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki suatu negara bukan jaminan suatu kemakmuran negara.

Pasalnya, banyak negara-negara maju makmur justru memiliki kemajuan dan kemakmuran tanpa SDA, salah satunya, Jepang dan Korea. 

Ia mengatakan untuk Indonesia yang memiliki SDA yang luar bisa, saat ini justru berada di tengah-tengah negara yang kemakmuran dan tingkat pertumbuhannya tingkat menengah.

Untuk dapat meningkatkan kemajuan dan kemakmuran bangsa, maka dikatakannya butuh peran dunia pendidikan yang menciptakan teknologi dengan dunia usaha. 

"Penelitian bukan hanya untuk naik pangkat, tetapi bagaimana penelitian itu bisa diimplementasikan dan berguna bagi kemaslahatan masyarakat," kata Jusuf Kalla.

Oleh karena itu, ia menilai pengembangan riset, hingga ke hilirisasi Inovasi dan start up bisnis, sangatlah penting. Sebab, banyak pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab, dan semua itu bisa diperoleh dari riset-riset.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Kota Malang, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla juga meresmikan Jusuf Kalla Innovation and Enterpreneurship Centre (JKIEC) Universitas Brawijaya (UB), dengan didampingi oleh Menristek Dikti M Natsir, Rektor UB M Bisri dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf.

Sebagai informasi, JKIEC merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegitan yang dimulai kompetesi start-up dikalangan mahasiswa, workshop pengembangan start-up, dan akan berfungsi sebagai tempat co-working space, peer to peer learning and share ideas and peer support, dan JKIEC Start up accelerator program.

Kegiatan ini dilandasi latar belakang pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, terutama kaitannya dengan inovasi teknologi dan pengembangan kewirausahaan  masyarakat.

Kegiatan ini juga untuk menyadari bahwa perguruan tinggi merupakan salah salah satu pilar utama sumber inovasi baru bagi pengembangan tehnologi dan pengembangan kewirausahaan masyarakat melalui upaya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com