Taufik Rahman Peraih The Best Art of The Year di Hong Kong

Tak Dilirik di Sumenep, Mampu Memukau Masyarakat Internasional

Home / Berita / Tak Dilirik di Sumenep, Mampu Memukau Masyarakat Internasional
Tak Dilirik di Sumenep, Mampu Memukau Masyarakat Internasional Lukisan Taufik Rahman, perupa asal Sumenep yang meraih The Best Art of The Year di Hongkong. (FOTO: Busri Toha/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, SUMENEP – Kabupaten Sumenep memiliki banyak potensi. Namun sangat sedikit yang memberikan apresiasi. Bahkan, salah seorang seniman yang menggeluti duni seni rupa, Taufik Rahman memiliki mahakarya lukisan yang mampu membuat mata dunia Internasional terpukau.

Pria berumur 42 tahun itu, yang tinggal di rumah berukuran minimalis di Jalan Seludang, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota Sumenep, Jawa Timur ini berhasil mengharumkan nama Indonesia. Melalui tangan dinginnya, ia mampu memukau dunia internasional.

Ketika wartawan TIMESMadura bertandang ke kediamannya, Taufik terlihat mengotak-atik kanvas. Sesekali, dia terlihat mempersiapkan pemberangkatan untuk menerima penghargaan dari karya lukis berjudul Sabung Ayam di Hong Kong 24 November besok.

Namun, dibalik prestasi gemilang yang ia torehkan, ternyata karirnya di dunia seni lukis tidaklah mulus hingga mampu memukau masyarakat internasional tersebut, Taufik sempat vakum dari dunia lukis selama enam tahun setelah menikah pada 2003 silam.

Taufik menceritakan, kecintaannya menyulap perpaduan kuas dengan kanvas menjadi lukisan indah sempat dipandang sebelah mata. Pria kelahiran 1975 ini pun sempat hijrah ke luar daerah untuk mengadu nasib dengan profesi lain.

Namun, usaha di perantauan tidak mampu memperbaiki perekomoniannya. Akhirnya dia memutuskan untuk kembali ke tanah kelahiran di Sumenep. Mencoba dan mengotak-atik kembali suara hati dan menorehkan dalam bentuk lukisan yang indah.

”Dulu saya sempat merantau, bahkan membuka usaha, karena orang tua dan keluarga saya menganggap bahwa profesi sebagai pelukis tidak akan bisa menghidupi istri saya,” ujar Taufik mengenang masa-masa itu, ditemui di rumahnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com