Tiga Warga Bondowoso Dinyatakan Negatif Antraks

Home / Berita / Tiga Warga Bondowoso Dinyatakan Negatif Antraks
Tiga Warga Bondowoso Dinyatakan Negatif Antraks Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, dr Imron (FOTO: LSM IGW)

TIMESSURABAYA, BONDOWOSO – Berdasarkan hasil uji laboratorium, ketiga orang yang diduga suspek antraks menunjukkan hasil negatif. 

"Sudah keluar hasilnya. Hasilnya negatif, berarti Bondowoso masih bebas antraks," tutur Kepala Dinas Kesehatan, dr Imron, Rabu (22/11/2017).

Imron menjelaskan pihaknya melakukan uji laboratorium di dua tempat yang berbeda. Hasil dari uji laboratorium di Surabaya menunjukkan ketiga warga desa Kembang, Kecamatan Tlogosari tersebut negatif antraks.

"Kita lakukan dua tes, yang satu di Surabaya dan satunya di Bogor. Semua kita ambil samplenya, baik itu darah atau spesimen luka," katanya.

Terkait penyakit kulit yang diderita ketiga warga tersebut, Imron mengatakan hal ini masih diperlukan pemeriksaan lebih lanjut,

"Kemungkinan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Tentu akan kita periksa lebih lanjut," ujarnya.

Dengan hasil tersebut, Imron mengaku bersyukur karena Bondowoso bebas antraks. Namun, ia juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan hewan dan memasak daging hewan secara bersih. 

"Kami juga akan terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian," pungkasnya. 

Sebelumnya, tiga orang warga di Kecamatan Tlogosari diduga suspek antraks usia diketahui mempunyai luka yang tak kunjung sembuh. Pihak Dinkes dan Disperta Bondowoso lantas mengambil sample spesimen luka dan darah serta melakukan pemeriksaan hewan disekitar lokasi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com