PKL Kota Batu Dilatih Ciptakan Ikon Kuliner Khas

Home / Berita / PKL Kota Batu Dilatih Ciptakan Ikon Kuliner Khas
PKL Kota Batu Dilatih Ciptakan Ikon Kuliner Khas Juniardi, motivator dan pembina UKM, saat memberikan materi pelatihan olahan makanan dan minuman di Hotel Aster Kota Batu, Rabu (22/11/2017). (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BATU – Sebanyak 70 pedagang kaki lima (PKL) se-Kota Batu mengikuti pelatihan olahan makanan dan minuman. Kegiatan yang diadakan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu, Jawa Timur ini diharapkan dapat memunculkan produk makanan dan minuman khas.

Kasie Pembinaan Usaha dan Pengembangan Ekspor Impor Diskoperindag Kota Batu, Inol Ertadiansyah menjelaskan, mereka yang dilibatkan dalam pelatihan ini merupakan PKL yang menjual makanan dan minuman khas. 

"Ada pedagang bakso, makanan selain bakso, ketan, minuman kafe dan minuman tradisional," kata Inol, Rabu (22/11/2017) di Hotel Aster Kota Batu.

Selama dua hari, para PKL ini diberikan teori dan praktik tentang marketing, produk dan SDM. Mereka juga diajari membuat produk makanan dan minuman yang inovatif dan modern. Targetnya, kata dia, akan memunculkan ikon baru kuliner Kota Batu.
 
Ikon kuliner ini, lanjutnya, yang akan dipromosikan sebagai bagian dari pengembangan kepariwisataan di Kota Batu. Termasuk bekerja sama dengan swasta dalam pengenalan dan pengembangan PKL. Utamanya, tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan para PKL di Kota Batu.

"Dengan makanan dan minuman yang jadi ikon kuliner Kota Batu, akan semakin banyak wisatawan masuk," imbuhnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya pembinaan dan pelatihan ketrampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com