Wujudkan Ponpes Sehat, Pemkab Jember Bangun Pusat Kesehatan Pesantren

Home / Berita / Wujudkan Ponpes Sehat, Pemkab Jember Bangun Pusat Kesehatan Pesantren
Wujudkan Ponpes Sehat, Pemkab Jember Bangun Pusat Kesehatan Pesantren Bupati Jember Faida saat menghadiri acara manaqib dan doa bersama di Alun-alun Jember, Selasa (21/11/2017). (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur segera menyediakan Pusat Kesehatan Pesantren untuk meningkatkan kesehatan para santri di masing-masing pondok pesantren di Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Bupati Jember dr Faida dalam acara Manaqib, Selasa (21/11/2017) semalam mengatakan, pusat kesehatan ini diperlukan bagi seluruh santri di pondok. Jadi bila ada warga pondok yang sakit akan dapat segera tertangani dan semua fasilitasnya akan ditanggung oleh Pemkab Jember.

"Pusat kesehatan ini akan dibuat di ponpes yang miliki 500 santri atau lebih. Dan tenaga dokter, perawat, hingga obatnya semua akan ditanggung oleh Pemkab Jember," ujarnya.

Setelah pusat kesehatan, Pemkab Jember juga akan membangun sanitasi dan tempat wudhu di pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jember.

"Sanitasi dan tempat wudhu ini sangat dibutuhkan sebab, pondok pesantren harus menjadi contoh dan teladan. Bahwa ponpes harus sehat dan bersih," imbuhnya.

Bupati Jember Faida berharap, dengan adanya bantuan tersebut santri-santri bisa terus belajar keagamaan dengan baik dan bersemangat. Tanpa harus takut jatuh sakit.

"Kalau tempat wudhunya bersih, sanitasinya bersih. Maka santri akan sehat dan ini harus jadi motivasi untuk terus giat belajar," ucapnya.

Dalam acara manaqib dihadiri oleh pengasuh Pondok Pesantren Al Qodiri KH. Muzzaki Syah, Forkopimda Jember, ribuan santri, dan masyarakat Jember. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com