Ketahanan Informasi Nasional

Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp 128 Miliar untuk Infrastruktur Jalan

Home / Berita / Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp 128 Miliar untuk Infrastruktur Jalan
Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp 128 Miliar untuk Infrastruktur Jalan Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari dalam acara tasyakuran pembangunan infrastruktur di Kecamatan Sumber (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, PROBOLINGGO – Upaya Pemkab Probolinggo, Jawa Timur untuk menuju kondisi jalan mantap, dilanjutkan tahun depan. Dalam APBD 2018 yang belum lama ditetapkan, anggaran khusus untuk pembenahan jalan dialokasikan Rp 128 miliar.

Dibandingkan dengan tahun ini, anggaran tersebut turun sekitar Rp 22 miliar. Tapi masih termasuk dalam salah satu belanja paling besar dalam postur APBD Kabupaten Probolinggo tahun 2018. 

"Sudah saya perintahkan kepala dinas PU (Pekerjaan Umum, Red) untuk melanjutkan untuk menuju jalan mantap 100 persen," kata Bupati Probolinggo, P. Tantriana Sari, saat berkunjung ke Desa/Kecamatan Sumber, Selasa (21/11/2017).

Saat ini, kondisi jalan mantap di Kabupaten Probolinggo sebesar 85 persen dari total ruas jalan sepanjang 785,819 kilometer dengan jumlah ruas jalan sebanyak 106 buah. Angka itu naik 7 persen dibanding tahun 2017 yang tercatat sebesar 78 persen.

Secara matematis, masih ada 15 persen (sekitar 117 kilometer jalan) yang perlu dibenahi agar seluruh kondisi jalan di Kabupaten Probolinggo mantap, sebagaimana cita-cita pemerintah setempat.

Dengan anggaran sebesar itu, kondisi jalan di sejumlah titik ditargetkan 100 persen mantap. Salah satunya di Kecamatan Sumber, yang berada di dataran tinggi. Di kecamatan penghasil sayur-mayur ini, ada alokasi anggaran Rp 7,9 miliar, khusus untuk jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Probolinggo, Prijono mengatakan, akan ada lima paket pekerjaan jalan di Kecamatan Sumber. Antara lain ruas jalan Sumber-Ledokombo sepanjang 1,8 kilometer, ruas jalan Ledokombo-batas Lumajang sepanjang 1 kilometer.

Kemudian ada ruas jalan Sukapura-Ledokombo sepanjang 3,5 kilometer, dan ruas jalan di Desa Gemito, Kecamatan Sumber. "Jalan utama diharapkan bisa tuntas (mantap) 100 persen," terang Prijono. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com