Dinas Pendidikan Jatim Buka LKS SMK 2020 di Tulungagung, Ini Targetnya

Home / Pendidikan / Dinas Pendidikan Jatim Buka LKS SMK 2020 di Tulungagung, Ini Targetnya
Dinas Pendidikan Jatim Buka LKS SMK 2020 di Tulungagung, Ini Targetnya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT membuka LKS 2020, Senin (27/1/2020).(Foto : Istimewa)

TIMESSURABAYA, SURABAYADinas Pendidikan Jatim secara resmi membuka Lomba Kompetensi Siswa / LKS SMK 2020 di Tulungagung, Senin (27/1/2020). Kegiatan itu dihadiri oleh Asisten 1 Sekdaprov Jatim Dr. Ardo Sahak, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT, Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Bakorwil se Jawa Timur, jajaran Muspida Tulungagung, kepala sekolah, akademisi dan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT menyampaikan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa minta melalui lomba kompetensi siswa ini diharapkan dapat lebih meningkatkan semangat untuk menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bersaing di era globalisasi.

"Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tulungagung yang telah bersedia menjadi tuan rumah LKS Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 ini, mudah-mudahan prestasi ini menjadi kekuatan yang luar biasa dalam membina aset-aset calon tenaga kerja di masa yang akan datang," tegasnya.

Wahid-Wahyudi-a.jpg

Menurut Wahid, dari kompetensi generasi yang cerdas dan unggul ini juga diharapkan sektor pendidikan bisa bekerja sama dengan para pelaku dunia usaha dan industri. Tujuannya agar terwujud masyarakat Jawa Timur yang sejahtera dan berdikari. 

Bagi dunia usaha dan industri, gelaran LKS sangat positif untuk memberikan peluang berpartisipasi mensukseskan dan memeriahkan kegiatan sekaligus dalam rangka penyiapan SDM industri yang lebih baik.

"Melalui kegiatan ini peserta dituntut untuk memiliki kompetensi dalam mengerjakan soal-soal dalam bidang lomba sesuai dengan keahliannya," katanya. 

Selanjutnya dari ajang LKS ini, akan dihasilkan para pemenang LKS yang akan berkiprah dalam LKS Tingkat Nasional, World Skills Asia (WSA) dan World Skills Competition (WSC). Dengan demikian para siswa yang memenangi kompetisi mampu meningkatkan reputasi Jawa Timur di kancah internasional. 

Wahid mengungkapkan lomba kompetensi siswa ini juga merupakan ajang silaturahim antar kepala sekolah, guru dan siswa serta semua pihak yang manangani bidang pendidikan kejuruan di Jawa Timur.

Wahid-Wahyudi-b.jpg

Selain itu LKS ini merupakan kompetisi di bidang keahliannya untuk mencari yang terbaik dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas. 

"Kami harapkan Kabupaten dan Kota yang lain mempersiapkan diri sebagai tempat penyelenggaraan LKS untuk tahun depan," imbuhnya.

Pada kesempatan itu Asisten 1 Sekdaprov Jatim Dr. Ardo Sahak menyampaikan pesan dari Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada semua peserta LKS agar menjunjung sportivitas selama berkompetisi. 

Ardo Sahak menegaskan bahwa Gubernur Jatim juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terselenggaranya gelaran LKS tahun ini. Sebab Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen yang harmonis antara dunia pendidikan dengan dunia industri.  

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi pada pemerintah Kabupaten Tulungagung dan jajarannya yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan LKS SMK 2020 serta semua pihak yang turut mendukung demi suksesnya kegiatan," ucapnya saat menghadiri lomba di Tulungagung yang dibuka oleh Dinas Pendidikan Jatim. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com