Milad ke 40, Kepala MAN 1 Banyuwangi: Alumni Banyak yang Sukses

Home / Pendidikan / Milad ke 40, Kepala MAN 1 Banyuwangi: Alumni Banyak yang Sukses
Milad ke 40, Kepala MAN 1 Banyuwangi: Alumni Banyak yang Sukses Milad Ke 40 Tahun Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. (Foto: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BANYUWANGI – Puncak milad atau hari ulang tahun Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi ke 40 tahun berlangsung meriah, Sabtu malam tanggal 18 Januari 2020 kemarin. Tak sedikit alumni yang terlibat dalam perhelatan akbar yang menampilkan berbagai seni dan budaya buah karya ekstrakulikuler siswa-siswi MAN 1 Banyuwangi tersebut.

Kepala MAN 1 Banyuwangi Drs. Saeroji, M.Ag menyatakan bahwa lulusan madrasah sudah terbukti banyak yang sukses di berbagai bidang, salah satunya H. Sandi Swardi Hasan M.Si alumnus tahun 1992 yang saat ini menjabat sebagai Deputi Kemenpora RI yang dalam kesempatan itu hadir di tengah-tengah siswa-siswi.

"Kita datangkan alumni senior yang sukses yang berada di Jakarta, Bandung, bahkan ada yang di Luar Negeri, Ini semua akan mendorong dan memperkuat posisi adik-adik bahwa ternyata Madrasah ini sudah mengeluarkan banyak putra putri terbaiknya yang saat ini berkiprah pengabdiannya di berbagai lembaga, swasta dan lainnya," kata Saeroji saat dimintai keterangan Times Indonesia, Senin (20/01/2020).

Madrasah-Aliyah-Negeri-1-Banyuwangi-a.jpg

Saeroji juga menyatakan bahwa posisi Madrasah memiliki nilai plus dan sangat penting bagi kualitas pendidikan di Indonesia, Selain karena ilmu agama islam yang kuat, kemampuan akademik juga selalu diperhatikan dan ditingkatkan kualitasnya.

MAN 1 Banyuwangi atau dikenal Mansawangi pun terbukti mencetak lulusan terbaik dan berkualitas bersaing, seperti banyak yang diterima diberbagai kampus tinggi negeri di Indonesia, bekerja di Instansi Pemerintahan, Kepolisian, DPR dan Pengusaha. Mansawangi juga mencetak prestasi di kancah nasional dengan menyabet juara 2 lomba Madrasah Riset di Manado Oktober 2019, juga juara 1 Madrasah Menulis dan Madrasah Riset bulan Desember 2019 lalu.

"Itu sebuah jawaban bahwa Madrasah bisa  dimana-mana, disamping potensi bidang keagamaan dan potensi akademik umum pun juga sangat nyata. Itu yang saya katakan plus," tegasnya.

Madrasah-Aliyah-Negeri-1-Banyuwangi-b.jpg

Saeroji menekankan bahwa MAN 1 Banyuwangi akan berikhktiar bagaimana membumikan madrasah ini agar masyarakat mengetahui bahwa madrasah tidak di nomer duakan, tetapi malah menjadi pilihan.

MAN 1 Banyuwangi sendiri berlokasi di Jalan Ikan Tengiri No. 2 Kelurahan Sobo, Banyuwangi, berdiri sejak tahun 1980 dengan total siswa siswi di tahun 2020 ini mencapai 1.340 orang yang terbagi dalam empat jurusan yakni IPA, IPS, Bahasa dan Agama.

Malam puncak milad ke 40 tahun menjadi momen yang tak terlupakan bagi warga madrasah, karena penampilan yang disuguhkan sungguh menakjubkan dan murni buah hasil kreatifitas siswa-siswi, seperti penampilan Musik Band, Tari Gandrung, Teater, Pencak Silat, dan Fashion Show Putra Putri MAN 1 Banyuwangi.

Waka Kemahasiswaan MAN 1 Banyuwangi Nur Hapipi M. Pd.I menjelaskan bahwa rangkaian acara milad di mulai sejak tanggal 16 hingga 18 Januari 2020, diawali dengan seleksi awal putra putri sekolah, teater, karya tulis ilmiah, tryout kelas XII dan expo campus.

"Expo campus ada 18 perguruan tinggi negeri dan 7 perguruan tinggi swasta, dari alumni yang masih aktif kuliah memberikan edukasi pada adik-adiknya, harapannya biar semakin banyak semangat untuk kuliah, kalau bisa ke perguruan tinggi negeri," kata Hapipi.

Madrasah-Aliyah-Negeri-1-Banyuwangi-c.jpg

Hapipi menjelaskan setiap tahun Milad MAN 1 Banyuwangi selalu diadakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan akademik maupun non akademik para siswa-siswi.

"Semua potensi yang anak-anak kepengen tampil kita tampilkan, sekaligus ini menjadi wahana refreshing anak-anak. Kita berharap dengan adanya Milad ke 40 Ini, Mansawangi semakin dewasa dan semakin  maju," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga meresmikan ikatan alumni MAN 1 Banyuwangi, dengan harapan untuk menginventarisir alumni, sehingga terciptanya komunikasi sehat dan baik antara alumni dengan siswa-siswi MAN 1 Banyuwangi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com