Puluhan Atlet Difabel Ikut Lomba Olahraga di Yonif Raider 509 Jember

Home / Olahraga / Puluhan Atlet Difabel Ikut Lomba Olahraga di Yonif Raider 509 Jember
Puluhan Atlet Difabel Ikut Lomba Olahraga di Yonif Raider 509 Jember Atlet difabel saat bermain bulu tangkis. (Foto: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JEMBER – Puluhan atlet dari penyandang disabilitas mengikuti lomba olahraga yang digelar Yonif Raider 509 Jember, Jawa Timur. Turnamen bagi para penyandang disabilitas ini dilaksanakan oleh Yonif Raider 509 Jember untuk menyemarakkan Asian Para Games 2018 yang saat ini berlangsung di Jakarta. 

"Seneng mereka ikut kegiatan ini," tutur seorang Guru dari SLB Negeri Jember, Rubaiyah, Sabtu (13/10/2018).

Ia mengatakan ada enam anak didiknya yang dibawa untuk mengikuti perlombaan di Yonif Raider 509 Jember. Kendati cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan tidak semua dikuasi, namun kata Rubaiyah, mereka memaksakan ikut dan berlatih agar bisa tampil maksimal. 

"Iya mereka maksa ikut meskipun kayak tenis meja itu bukan spesialisasinya. Kebanyakan di sini yang saya bawa menguasai atletik," ucapnya. 

Sementara itu Komandan Yonif Raider 509 Jember La Ode Muhammad Nurdin mengatakan total ada 44 atlet difabel yang turut serta dalam kompetisi olahraga antar difabel tersebut.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang menyalurkan bakat keolahragaan dan memupuk rasa percaya diri para atlet difabel. 

"Sehingga memotivasi para penyandang disabilitas untuk percaya diri dan berbuat banyak bagi bangsa dan negara," ucapnya. 

La Ode mengatakan Yonif 509 Kostrad juga telah berkoordinasi dengan salah satu sekolah luar biasa (SLB) untuk membantu membangun sarana dan prasarana olahraga bagi para difabel. Diharapkan, bisa lahir atlet-atlet difabel berprestasi dari Jember yang bisa mengikuti kejuaraan nasional bahkan masuk dalam squad Asian Para Games nantinya. 

"Rencananya ini akan kita adakan setiap tahun dengan menambah materi cabor, bisa nanti ditambah renang, atletik dan yang lain," pungkasnya. 

Kegiatan ini juga merupakan kerjasama Yonif 509 Raider Jember dengan National Paralympic Commitee atau NPC Jember.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com