Kulit Wajah Bersih dan Sehat dengan Perawatan Kulit Sederhana Ini

Home / Gaya Hidup / Kulit Wajah Bersih dan Sehat dengan Perawatan Kulit Sederhana Ini
Kulit Wajah Bersih dan Sehat dengan Perawatan Kulit Sederhana Ini ILUSTRASI - Kulit Wajah Bersih dan Sehat. (FOTO: Beauty Journal - Sociolla)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Kulit wajah yang bersih dan sehat tidak didapatkan begitu saja. Perlu melakukan perawatan wajah agar kulit tetap sehat. Tidak hanya pada siang hari, perawatan kulit pada malam hari sangat penting dilakukan terutama menjelang tidur.

Perawatan kulit wajah yang dilakukan pada malam hari, memiliki banyak manfaat. Salah satunya meremajakan serta meregenerasi kulit wajah. Apabila rajin melakukan perawatan sebelum tidur, kulit akan menjadi lebih sehat, bersih, lembut, dan terhindar dari garis-garis penuaan.

Berikut ini adalah perawatan wajah yang bisa dilakukan sebelum tidur agar kulit wajah bersih dan sehat, dilansir dari beberapa sumber.

1. Mencuci Muka

Sebelum tidur, pastikan untuk selalu mencuci wajah dengan menggunakan cleanser yang mengandung salicylic acid. Kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah terhindar dari jerawat dan flek hitam yang membandel. Lakukanlah setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selalu hindari tidur dalam keadaan wajah kotor.

2. Gunakan toner 

Gunakan toner yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pilih toner yang memiliki efek menyegarkan kulit, meremajakan, serta membuat kulit lebih halus dan lembut. 

Anda juga dapat membuat toner sendiri di rumah dengan menggunakan air mawar atau air seduhan teh hijau yang sudah didinginkan. 

3. Gunakan milk cleanser

Sebelum mencuci wajah, hapus semua residu make-up, kotoran, dan minyak yang menempel dengan menggunakan susu pembersih atau milk cleanser. Milk cleanser dapat membuat pori-pori kulit dapat bernapas dengan baik, melembapkan, serta membuat kulit lebih segar dan halus.

4. Rajin melakukan eksfoliasi

Tak perlu menunggu kulit terasa kering dan kasar untuk melakukan eksfoliasi. Dokter kulit menyarankan perlu mengeksfoliasi kulit 1-2 kali seminggu. Tujuannya adalah untuk mengikis sel kulit mati yang menempel pada wajah, sehingga kulit menjadi segar dan lembut kembali.

5. Rutin pakai masker

Penggunaan masker tidak dianjurkan setiap hari, cukup sekali dalam seminggu. Perlu diingat bahwa penggunaan masker tidak boleh dibarengi dengan penggunaan krim malam karena masker memiliki fungsi yang berbeda. 

Dianjurkan menggunakan masker alami, misalnya masker kunyit untuk kulit berjerawat, masker oatmeal, atau masker baking soda. Diamkan pada wajah beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Meskipun cara kerjanya lebih lambat tetapi sangat minim efek samping.

6. Gunakan pelembab

Tahap terakhir untuk perawatan kulit di malam hari adalah dengan memulaskan pelembap. Gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulit. Selain itu, pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami sehingga dapat memberikan manfaat positif dan tanpa risiko. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com