Gula Darah Tinggi? Turunkan dengan Pilihan Makanan Sehat Ini

Home / Gaya Hidup / Gula Darah Tinggi? Turunkan dengan Pilihan Makanan Sehat Ini
Gula Darah Tinggi? Turunkan dengan Pilihan Makanan Sehat Ini Ilustrasi diabetes.

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darah. Pasalnya, gula darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan lain. Salah satu cara menjaga kadar gula darah adalah dengan menjaga asupan makanan sehat sehari-hari.

Untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, dan protein. Dilansir dari Alo Dokter, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menurunkan gula darah. Apa saja?

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang badam atau almond, dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah. Hal ini diduga karena berbagai kandungan nutrisi di dalam kacang dan rendahnya indeks glikemik pada makanan penurun gula darah ini.

2. Tomat

Buah tomat mengandung anthocyanin dan likopen yang tergolong sebagai antioksidan. Zat yang terkandung dalam tomat ini bahkan dikatakan memiliki efek serupa dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

3. Alpukat

Alpukat bisa menjadi salah satu pilihan makanan penurun gula darah. Berdasarkan penelitian, alpukat dapat menurunkan risiko diabetes berkat kandungan lemak sehat dan mineral di dalamnya. Nutrisi ini bekerja dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga kadar gula darah lebih mudah menurun.

4. Ceri

Ceri juga kaya akan anthocyanin yang mampu memengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, hormon tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung anthocyanin secara rutin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

5. Makanan berprotein tinggi

Salah satu jenis makanan sehat penurun gula darah yang efektif adalah makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, dan kacang-kacangan. Telur dan ikan juga mengandung lemak sehat omega-3 yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga stabilnya kadar gula darah pada penderita diabetes. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com