Selain Mengatasi Kantuk, Ini Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Selain Mengatasi Kantuk, Ini Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadhan
Selain Mengatasi Kantuk, Ini Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadhan Tidur siang saat puasa. (FOTO: Shutterstock.com)

TIMESSURABAYA, JAKARTATidur siang saat menjalankan puasa Ramadhan bukan cuma baik untuk mengatasi kantuk. Tidur siang singkat saat puasa juga mendatangkan beragam manfaat lain untuk tubuh. Apa saja manfaatnya?

1. Menghilangkan rasa lapar

Saat berpuasa, biasanya Anda akan kurang tidur karena harus bangun tidur lebih awal untuk sahur, atau waktu tidur berkurang karena dipergunakan untuk beribadah. Ini tentu bisa bikin perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Peneliti sebuah studi yang dilakukan di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS), menemukan, kurang tidur memicu hormon gherkin (yang membuat Anda ingin makan lebih banyak) dan menurunkan kadar hormon leptin (yang memberi Anda sinyal saat kenyang).

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat Anda lelah dan ingin makan. Nah, tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

2. Memperbaiki mood

Saat lapar, biasanya perilaku berubah jadi “senggol bacok”, inginnya marah-marah terus! Selain itu, Anda juga lebih sensitif sehingga apa pun dianggap salah.

Kalau sering uring-uringan seperti ini, luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Percayalah, bangun tidur suasana hati akan lebih baik.

3. Memperkuat memori

Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat membuat informasi ingatan Anda lima kali lebih baik daripada jika Anda tetap terjaga sesudahnya.

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif Anda dalam mengingat.

4. Manajemen stres yang paling mudah

Meski sedang puasa, bukan berarti beban kerja di kantor ikut “puasa”. Beban kerja yang menumpuk yang disertai dengan perut lapar tentu bisa bikin Anda stres. Stres, khususnya yang tidak tertangani dengan baik, dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, bahkan menimbulkan gangguan ereksi pada pria.

Menurut penelitian dari Allegheny College, AS, tidur siang singkat saat puasa dapat membantu tubuh mengatasi kondisi kecemasan dan stres.

5. Menambah tenaga

Puasa mengharuskan Anda menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Lapar? Wajar! Dengan tidur siang, Anda dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

6. Menambah semangat

Tidur siang singkat bisa mengembalikan tenaga dari kelelahan, sehingga akan membuat semangat bertambah untuk menjalani sisa hari hingga waktunya beduk magrib.

7. Meningkatkan konsentrasi

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Anda bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau tidur siang singkat baik untuk jantung. Ditemukan juga gangguan tidur pada malam atau siang hari dapat memicu gangguan jantung sebesar 37 persen.

Itulah delapan manfaat tidur siang saat puasa Ramadhan. Tapi ingat, bukan berarti Anda bisa tidur seharian, ya! Gunakan waktu sebaik mungkin untuk tetap produktif menjalani aktivitas harian dan memperbanyak pahala lewat ibadah. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com