Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Ikan

Home / Gaya Hidup / Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Ikan
Tips Jitu Mengatasi Anak Susah Makan Ikan ILUSTRASI (FOTO: iStock)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Konsumsi ikan sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Ini karena kandungan lemak omega-3, DHA, vitamin D, dan kalsium pada ikan. Menurut Food and Drug Administration (FDA), anak-anak harus makan 1-2 porsi per minggu, dimulai pada usia 2 tahun. Namun, bagaimana jika anak susah makan ikan?

Memang banyak anak yang susah makan ikan. Namun orang tua tidak boleh membiarkan hal ini. Anda bisa mencoba berbagai cara berikut agar anak mau makan ikan.

1. Gunakan sebagai daging patty

Dana Murrell, Executive Chef di Green Chef menyarankan orangtua untuk mengganti daging burger yang biasanya diisi dengan daging sapi atau daging kalkun dengan ikan. Anda bisa menggunakan ikan putih dan salmon yang lezat.

2. Jadikan nugget atau digoreng dengan tepung

Bila anak-anak suka ayam goreng yang dilapisi dengan tepung roti, Anda juga bisa mencoba mengganti ayam dengan ikan. Kemungkinan anak juga akan menyukai ikan yang diolah dengan sensasi renyah ini.

Selain itu, Anda juga bisa membuat nugget ikan agar anak lebih suka makan ikan. 

3. Sajikan dengan bumbu manis

Ingatlah bahwa anak-anak sangat suka makanan manis. Jadi buatlah hidangan ikan yang lebih manis dibandingkan ikan yang pedas. Anda bisa mencoba saus teriyaki, yang manis seperti kesukaan anak-anak.

4. Sajikan dengan tampilan menarik

Anak-anak biasanya sangat bergantung pada penampilan makanan. Bila penampilan makanan menarik, mereka mungkin akan mencobanya. Namun bila tidak, mereka mungkin akan sekedar melihat dan meninggalannya. 

Oleh karena itu, tingkatkan daya tarik matanya dengan berkreasi pada sajian ikan Anda. Anda bisa menusuk ikan dengan tusukan yang lucu atau membuatnya menjadi tokoh kartun kesukaan anak. 

5. Konsisten membuat hidangan berbahan ikan

Menawarkan ikan secara konsisten, sekali atau dua kali seminggu, memungkinkan anak Anda mendapatkan kesempatan untuk mengenal rasa, tekstur, dan bau ikan.

Semakin akrab anak Anda dengan makanan, semakin besar kemungkinan mereka untuk memakannya atau mencobanya dengan cara yang berbeda.

Itulah berbagai cara untuk mengatasi anak susah makan ikan. Anda akan membutuhkan lebih dari satu cara agar anak mau makan ikan. Anda perlu bersabar demi perkembangan anak yang optimal. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com