Tak Hanya Nasi, ini Makanan Pokok di Indonesia

Home / Gaya Hidup / Tak Hanya Nasi, ini Makanan Pokok di Indonesia
Tak Hanya Nasi, ini Makanan Pokok di Indonesia Tiwul. (FOTO: cookpad.com)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Nasi dikenal sebagai makanan pokok Indonesia. Namun tak banyak yang mengetahui ada makanan pokok lainnya di Nusantara.

Topografi pulau yang berbeda-beda, membuat hasil alam yang berbeda pula. Warga setempat memanfaatkan hasil alam  untuk menjadi makanan pokok atau makanan sehar-hari mereka.

Nah apa saja makanan pokok di Indonesia?

1. Tiwul

Di Pulau Jawa merupakan penghasil beras, meski demikian tak semua warga di Jawa mengkonsumsi nasi. Di daerah Pacitan, Jawa Timur, warganya terbiasa mengkonsumsi tiwul. Makanan ini adalah tepung singkong yang dikukus. Bicara mengenai rasa, tiwul ini rasanya gurih dan agak manis. 

2. Sakelan

Sakelan atau yang disebut nasi jagung, menjadi makanan pokok warga yang tinggal di Desa Sigedong, Temanggung, Jawa Timur.

Masyarakat di daerah ini bahkan lebih cinta nasi jagung dibandingkan nasi biasa. Bagi mereka, nasi jagung jauh lebih bisa memberi energi dan tenaga dibandingkan nasi biasa. Bisa dibilang, nasi jagung itu bikin perut kenyang lebih lama.

3. Sagu

Mereka yang mengonsumsi sagu sebagai makanan pokoknya adalah masyarakat Maluku dan Papua. Masyarakat di dua wilayah ini mengonsumsi sagu karena makanan ini yang paling banyak ada di sana.

Ada istilah khusus mengenai sagu ini. Masyarakat di Maluku dan Papua menyebut sagu sebagai Papeda dan makan Papeda berarti Anda mengonsumsi makanan yang sangat besar. 

4. Eloi

Eloi merupakan makanan pokok bagi warga Nunukan Kalimantan. Eloi berasal dari parutan singkong yang diambil tepung patinya. Jika dilihat sekilah, eloi mirip dengan papeda. 

5. Pisang Gapi

Warga Sangir, Sulawesi Utara, menjadikan pisang Gapi sebagai makanan pokoknya. Jangan heran jika Anda berkunjung ke daerah ini Anda akan disuguhkan pisang.

Seperti nasi, cara mengkonsumsi pisang gapi juga beserta lauk pauk. 
pisang

Wah ternyata makanan pokok di Indonesia sangat beragam ya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com