Mencicipi Klepon Bulang, Jajanan Terkenal di Sidoarjo

Home / Gaya Hidup / Mencicipi Klepon Bulang, Jajanan Terkenal di Sidoarjo
Mencicipi Klepon Bulang, Jajanan Terkenal di Sidoarjo Klepon Bulang, salah satu jajanan tradisional. (FOTO: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, SIDOARJO – Klepon beberapa waktu lalu sempat trending di twitter lantaran dianggap sebagai jajanan bukan islami. Di Jawa Timur sendiri ada satu wilayah penghasil klepon yang cukup terkenal yakni Klepon Bulang.

Klepon merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan. Di dalamnya terdapat gula jawa kemudian bagian luarnya dilumuri dengan parutan kelapa. Sementara Klepon Bulang sendiri merupakan klepon yang dibuat oleh warga Desa Bulang, Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo.

Klepon Bulang terkenal di berbagai daerah. Tak seperti klepon pada umumnya, klepon bulang berbentuk agak meruncing serta parutan kelapa tak diletakkan pada bagian kelepon melainkan terpisah dengan klepon.

Kelepon-Bulang-2.jpg

Rasanya memang tak jauh berbeda dengan klepon pada umumya. Namun Klepon Bulang lebih kenyal serta aroma ketan sangatlah terasa. Klepon Bulang sangatlah cocok dimakan bagi yang tak suka parutan kelapa karena parutan kelapa yang diletakkan terpisah.

Salah satu penjual klepon yang TIMES Indonesia kunjungi adalah warung klepon dengan nama kedai 'Kelepon Sederhana' yang sudah berdiri sejak 24 tahun silam. Warungnya cukup sederhana namun pemilik warung mengaku ia merupakan pemilik usaha klepon kedua di wilayah tersebut sebelum akhirnya banyak yang menjual klepon.

"Bukanya sudah lama sejak pak Harto lengser. Saya yang buka ke dua disini," ujar Suratni selaku penjual Klepon Bulang, Minggu (9/8/2020).

Pada umumnya para pembeli yang datang ke tempatnya adalah orang dari luar kota. Biasanya di jadikan oleh-oleh usai singgah di Kabupaten Sidoarjo atau sedang melewati daerah Bulang. "Iya yang beli biasanya dibuat oleh-oleh," tuturnya

Namun saat Pandemi Covid-19 ini ia mengaku pembelinya menurun drastis. Bahkan hampir setengah dari biasanya. "Kalau biasanya itu sehari bisa habis 10 kilo ketan, sekarang cuma 5 kilo di hari biasa," jelasnya.

Jika ingin membeli Klepon Bulang yang asli buatan warga Bulang, Anda bisa mencari di aplikasi peta dengan kata kunci desa Bulang, maka di sepanjang Jalan utama Desa Bulang akan menjumpai banyak penjual Klepon Bulang. Anda hanya cukup mengeluarkan Rp 10 ribu untuk satu porsi klepon. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com