Selebgram Sherly Lembono Aktif Ajak Baby Jason Tummy Time, Ini Manfaatnya

Home / Gaya Hidup / Selebgram Sherly Lembono Aktif Ajak Baby Jason Tummy Time, Ini Manfaatnya
Selebgram Sherly Lembono Aktif Ajak Baby Jason Tummy Time, Ini Manfaatnya Keseruan Sherly Lembono saat melatih tummy time baby Jason Miles Gamafu. (foto: Dok. Pribadi)

TIMESSURABAYA, SURABAYASelebgram dan influencer asal Surabaya Sherly Lembono ternyata sangat memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati Jason Miles Gamafu. Sherly kerap melatih tummy time sang bocah karena sangat penting untuk membantu pertumbuhan otot di kepala, leher dan bahu bayi.

Tummy time adalah ketika bayi diposisikan tengkurap dalam waktu yang singkat. 

Sherly-Lembono-2.jpg

"Biasanya dimulai dengan beberapa menit untuk beberapa kali per-harinya. Setelah beberapa waktu bayi akan dapat melakukan tummy time dalam jangka waktu yang lebih lama," ungkap selebgram dengan 113 ribu followers tersebut, Sabtu (1/8/2020). 

Namun Sherly mengingatkan agar moms mengawasi bayi setiap saat selama tummy time. Moms disarankan hanya melakukan tummy time ketika bayi terjaga, karena bayi harus selalu tidur terlentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome) atau SIDS.

Tummy time ini sangat penting untuk perkembangan bayi, beberapa di antaranya adalah membantu perkuatan otot leher, dan bahu, melatih gerakan motorik si kecil, membantu menghindari dari kepala belakang bayi datar atau biasa disebut kepala peyang, membantu bayi untuk membentuk kekuatan yang dibutuhkan untuk berguling, duduk, merangkak dan berdiri. 

Sherly juga merekomendasikan waktu tummy time berdasarkan umur bayi. Moms bisa mencobanya di rumah.

Untuk bayi usia 0 bulan cukup (1-5 menit/hari), 1 bulan (5-10 menit/hari), 2 bulan (10 - 15 menit/hari), 3 bulan (15-20 menit/hari), 4 bulan (20-25 menit/hari), 5-6 bulan (25-30 menit/hari). 

Sherly-Lembono-3.jpg

"Sebenarnya waktu untuk tummy time setiap bayinya bisa berbeda-beda. Jangan paksakan bayi Anda untuk tummy time jika mereka terlihat pusing ataupun sedang tidak enak badan," ucap Sherly memberi saran. 

Lantas, bagaimana jika bayi tidak mau melakukan tummy time? Beberapa moms mengeluhkan jika bayi sangat enggan untuk melakukan tummy time pada saat pertama, apa lagi saat menunggu terlalu lama untuk mencobanya. 

"Seiring dengan berjalannya waktu bayi akan terbiasa melakukan tummy time dengan sendirinya," ujar perempuan kelahiran 14 Oktober 1994 ini menambahkan. 

Sherly juga membagi beberapa tips bagi moms ketika membantu bayi melakukan tummy time. Antara lain berikan mainan di depan mereka, duduk atau berbaring di depan bayi dan membaca atau menyanyi untuk mereka. 

"Sementara alternatif posisi untuk bayi yang tidak suka melakukan tummy time adalah berbaring miring. Cobalah untuk memposisikan bayi Anda untuk berbaring miring dengan bantuan handuk yang di gulung ataupun guling bayi. Dan jangan lupa saat melakukan ini bayi anda harus dalam keadaan terjaga dan di awasi," ucap selebgram dan influencer Surabaya Sherly Lembono. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com