Tanggul Bengawan Solo Ambles di Gresik, BBWS Tunggu Anggaran

Home / Berita / Tanggul Bengawan Solo Ambles di Gresik, BBWS Tunggu Anggaran
Tanggul Bengawan Solo Ambles di Gresik, BBWS Tunggu Anggaran Tanggul sungai Bengawan Solo di Gresik ambles (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, GRESIKTanggul sungai Bengawan Solo di Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik yang ambles belum bisa diperbaiki sebab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) masih menunggu anggaran.

Terhitung sudah tiga minggu tanggul tersebut ambles. Warga khawatir jika tak segera diperbaiki akan mengalami longsor.

Ketika dihubungi TIMES Indonesia, Operator IV BBWS, Lantip mengaku telah terjun ke lokasi untuk mengukur tingkat kerusakan tersebut. Satu hari setelah tanggul sungai itu ambles.

"Ini kan tahun anggaran baru, saya tidak tahu detail, yang jelas kemarin sudah ada kunjungan, sudah diukur pekerjaan teknis , diukur tingkat kerusakan, kemarin itu. Harapan saya segera diperbaiki," katanya, Rabu (16/10/2019).

Dikatakan Lantip, setelah dilakukan pengecekan ke lokasi, bangunan yang ambles tersebut bukan tanggul Bengawan Solo melainkan revetmen tebing.

Lantip menambahkan sembari menunggu anggaran untuk perbaikan. Pihaknya meminta warga sekitar untuk waspada. "Kondisi sifatnya alam, jadi itu serentak. Kondisi air juga turun, jadi tetap waspada," tambahnya.

Salah satu warga Syarif berharap pemerintah terkait bisa bertindak cepat dan diperbaiki ulang. Ia khawatir pada musim penghujan air akan naik ke permukaan serta membuat abrasi lebih parah.

Syarif mengungkapkan, selain khawatir akan abrasi di musim hujan, para warga juga kesulitan air untuk mengairi pertanian karena tanggul ambles.

"Apalagi ini kan sudah mau masuk musim penghujan. Kalau tidak segera ditangani ya bisa saja meluas," ujarnya asmbil berharap BBWS bisa segera memperbaiki tanggul sungai Bengawan Solo. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com