JSI dan Forkompemnus Tuntut Konjen Australia Pulangkan Veronica Koman

Home / Berita / JSI dan Forkompemnus Tuntut Konjen Australia Pulangkan Veronica Koman
JSI dan Forkompemnus Tuntut Konjen Australia Pulangkan Veronica Koman Gabungan demonstran dari JSI dan Forkompemnus gelar aksi di depan Konjen Australia, Sukolilo, Surabaya menuntut pemulangan Veronica Koman ke Indonesia, Jumat (13/9/2019).(Foto : Naufal/TIMESIndonesia)

TIMESSURABAYA, SURABAYA – Puluhan demonstran yang tergabung dalam Jaringan Satu Indonesia (JSI) dan Forum Komunikasi Pemuda Nusantara (Forkompemnus) menggelar aksi menuntut Konsulat Jenderal Australia di Surabaya untuk memulangkan Veronica Koman

Aksi unjuk rasa dipenuhi teatrikal massa aksi di kantor Konsulat Jenderal Australia di Esa Sampoerna Center, Jl. Dr. Ir. H. Soekarno, Klampis Ngasem, Kec. Sukolilo, Surabaya, Jumat (13/9/2019).

Koordinator Aksi (Korlap) Yuventus mengatakan, kasus ujaran kebencian dan penyebaran informasi bohong yang sebabkan perpecahan antar bangsa harus segera diusut tuntas. 

"Kita tahu kalau Veronica Koman ini kan aktivis HAM. Harusnya dia paham hukum. Kalau sudah ditetapkan sebagai tersangka, ya hadapi proses hukum yang ada di Indonesia ini dengan kepala tegak," tegasnya. 

Pihaknya menyampaikan tuntutannya kepada Konjen Australia di Surabaya untuk bersikap tegas dan kooperatif. Menurut keterangan polisi, Veronica Koman sedang berada di Australia.

VK ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan menyebarkan konten berita bohong atau hoaks dan provokatif. Polisi menjerat VK dengan sejumlah pasal dalam beberapa Undang-Undang. 

Antara lain, terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana terkait pasal penghasutan dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Yuventus berharap, tuntutan aksi yang dibawakan oleh para massa aksi ini bisa diindahkan oleh pihak Konjen Australia untuk bersikap kooperatif.

"Kalau kasus seperti ini kita biarkan, nggak menutup kemungkinan kejadian serupa ke depan bisa terjadi kembali. Kita jaga keutuhan NKRI ini bersama-sama," tegasnya.

Massa aksi JSI dan Forkompemnus membubarkan diri setelah menyampaikan aspirasi dan tuntutannya tentang pemulangan Veronica Koman kepada Konjen Australia di Surabaya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com