Search for Common Ground Indonesia Ajak Jurnalis Angkat Isu Kesetaraan Gender

Home / Berita / Search for Common Ground Indonesia Ajak Jurnalis Angkat Isu Kesetaraan Gender
Search for Common Ground Indonesia Ajak Jurnalis Angkat Isu Kesetaraan Gender Pelatihan Pelatihan Perspektif Gender dalam Jurnalisme oleh lembaga SFCG Indonesia, di Hotel Harris Tuban Bali, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (15/8/2019). (foto: Imadudin M/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BADUNG – Lembaga Search for Common Ground Indonesia (SFCG Indonesia) menggelar pelatihan 'Pelatihan Perspektif Gender dalam Jurnalisme', di Hotel Harris Tuban Bali, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (15/8/2019).

Trainer SFCG Indonesia, Bahrul Witjaksana menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan sarana untuk menambah pengetahuan para Jurnalis tentang isu-isu gender.

Ia mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan mampu membuat media dan jurnalis ikut mengangkat keterbelakangan isu gender berbagai bidang seperti, politik, budaya, pendidikan, dan ekonomi.

Pelatihan-Pelatihan-Perspektif-Gender-b.jpg

"Kami ingin merubah perspektif perempuan yang kini masih menjadi objek pemberitaan, sehingga ada kesetaraan gender dan keadilan," kata pria yang akrab disapa Uung.

Uung mengatakan media di Indonesia masih bias gender saat melakukan kerja jurnalistik. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian Tempo Institute bersama Pusat Data dan Analisis Tempo pada 2018.

Menurut hasil penelitian tersebut hanya 11 persen atau sekitar 2.500an narasumber perempuan dari hampir 23 ribu narasumber yang dikutip media. 

Pelatihan-Pelatihan-Perspektif-Gender-c.jpg

Ia mengatakan ada sejumlah faktor yang mengakibatkan bias gender dalam pemberitaan media di Indonesia, seperti budaya patriarki yang ada di Indonesia dan kurangnya database narasumber perempuan di redaksi media di Indonesia.

"Kami mengajak para jurnalis untuk mulai mengangkat kesetaraan gender mengangkat isu atau mengutip narasumber perempuan," tambahnya.

SFGF Indonesia juga mengajak para jurnalis dan redaksi media untuk keluar dari zona nyaman mereka guna mendorong kesetaraan gender di Indonesia. Pelatihan Search for Common Ground Indonesia ini sebelumnya juga telah berlangsung di Kota Bogor.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com