Tokoh Penting Jawa Timur Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan Suku Tengger 

Home / Berita / Tokoh Penting Jawa Timur Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan Suku Tengger 
Tokoh Penting Jawa Timur Dikukuhkan Sebagai  Warga Kehormatan Suku Tengger  Sejumlah tokoh penting dikukuhkan jadi warga kehormatan Suku Tengger. (FOTO: Muji for TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, PROBOLINGGO – Sejumlah tokoh penting di Jawa Timur, dikukuhkan menjadi warga kehormatan Suku Tengger, di Kabupaten Probolinggo. Di antaranya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, serta muspida Probolinggo.

Mulai dari Dandim 0820 Letkol Inf. Imam Wibowo, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Probolinggo Agus Ardian Agustriono. Pengukuhan tersebut, dilaksanakan menjelang upacara Yadnya Kasada.

warga-kehormatan-Suku-Tengger.jpg

“Tujuannya untuk melestarikan budaya dan tradisi Suku Tengger. Juga sebagai bentuk penghormatan warga Tengger pada para pejabat. Kemudian bagaimana pejabat itu bisa memberikan kesejahteraan bagi warga Suku Tengger,” kata tokoh adat Tengger, Supoyo, Kamis (18/7/2019).

Saat prosesi pengukuhan, para tokoh duduk berjajar di belakang Ketua Dukun Pandita, Sutomo.  Mereka mendengar dengan khidmad Dukun Pandita Sutomo, merapalkan mantra pengukuhan. Sayang, dalam upacara sakral tersebut, Gubernur dan wakilnya tidak hadir. Digantikan oleh Sekdaprov Heru Cahyono.

warga-kehormatan-Suku-Tengger-b.jpg

Kadiskominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian menyebut, tradisi itu sudah berlangsung sejak dulu kala. Terutama jika ada pejabat baru di lingkungan Probolinggo maupun yang berkaitan dengan Suku Tengger. Usai pengukuhan, diharapkan para tokoh tersebut dapat berperan aktif dalam memajukan budaya Tengger sesuai bidangnya masing-masing. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com