Pengamat Ekonomi: Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Diprediksi Menang di Jateng dan Jatim

Home / Berita / Pengamat Ekonomi: Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Diprediksi Menang di Jateng dan Jatim
Pengamat Ekonomi: Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Diprediksi Menang di Jateng dan Jatim Para Pemateri saat memberikan penjelasan kepada peserta dalam kegiatan diskusi Ilmiah (Foto: Moh Aidi/TIMES Indonesia)
Pilpres 2019

TIMESSURABAYA, SOLODuet Jokowi-KH Ma'ruf Amin diprediksi akan meraup suara maksimal di daerah Jateng dan Jatim. Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat ekonomi, Lukman Hakim, saat menjadi narasumber dalam Diskusi Ilmiah yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Surakarta, Rabu (13/2/2019).

Ia menjelaskan, bahwa alasan Jokowi akan menang di Jateng karena tipologi masyarakatnya yang abangan. Menurutnya, abangan atau wong cilik memiliki afiliasi kuat terhadap PDI Perjuangan. 

"Suara PDI Perjuangan di Jawa Tengah. Oleh karena itu, akan otomatis menang," kata Wakil Dekan FEB UNS itu.

Sementara itu, lanjut Lukman, daerah Jatim memiliki tipologi masyarakat santri. Karenanya, peta suara elektoral di Jatim akan berpusat pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). PKB adalah partai koalisi Jokowi, menjadi partai dengan basis massa paling loyal di daerah Jatim.

Lukman juga menilai, persaingan politik hari ini menjadi yang paling indah selama reformasi. Pasalnya, di era keterbukaan, ekspresi rakyat bisa disampaikan langsung. "Ekspresi itu menghidupkan fungsi politik. Bahkan kita lihat, Pak Jokowi bisa bekerja keras karena oposisi," terangnya.

Sementara itu, pengamat politik Surakarta, Okta H. Nurcahyono, menilai bahwa khusus daerah Solo Raya, Jokowi memiliki potensi untuk mengulang kejayaan di Pilpres 2019. Pasalnya, kata dia, psikologi masyarakat di Solo pasti akan memilih putra daerah.

"Secara sosio-antropologis, masyarakat Surakarta senang berdagang. Mereka masyarakat yang berniaga. Kita tahu Joko Widodo adalah tipikal pemimpin yang bekerja keras. Mereka pasti memilih putra daerah," jelas Okta dengan keyakinan penuh untuk kemenangan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com