Siswa SMASGA Bondowoso Sulap Sampah Jadi Patung Pahlawan

Home / Berita / Siswa SMASGA Bondowoso Sulap Sampah Jadi Patung Pahlawan
Siswa SMASGA Bondowoso Sulap Sampah Jadi Patung Pahlawan Patung Pahlawan Nasional, Jenderal Sudirman yang dibuat dari sak beras bekas karya oleh siswa SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, BONDOWOSO – Kreatif, itulah kata yang tepat untuk para siswa SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso. Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, siswa Smasga membuat patung pahlawan, dari barang bekas dan sampah lingkungan.

Pantauan TIMES Indonesia, ada beberapa patung pahlawan, yang berhasil mereka buat. Mulai, patung Bung Tomo, Soekarno, Sunan Ampel, Bung Tomo, Jenderal Sudirman dan beberapa tokoh lain, yang semuanya dibuat dari sampah.

Adapapun sampah yang digunakan, mulai batok kelapa, sak semen, sak beras tidak dipakai, kardus, jerami dan beberapa sampah lain.

patung-dari-sak-karung-a288e0c1e1bfab0dd.jpg

Patung-patung hasil kreasi setiap kelas tersebut, dijejer di depan sekolah. Sehingga, bisa dilihat oleh masyarakat umum, dan pengendara yang lewat.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tenggarang, Suprihartono menerangkan, tujuan dilakukan hal tersebut untuk menghayati esensi Hari Pahlawan, dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyentuh langsung dengan Hari Pahlawan.

Apalagi, kata dia, jika ingin menanamkan nilai-nilai pahlawah, siswa tidak cukup hanya  didongengi saja. Tapi ajak sama-sama melakukan dan berbuat sesuatu, supaya mereka lebih tahu.

HAri-Pahlawan-di-Bondowoso1da205a98273a8ef.jpg

“Salah satu contohnya pembuatan seni instalasi bertemakan Pahlawan, yang dilakukan oleh para pelajar ini. Semuanya, turut ambil bagian saat pembuatan bahkan mereka membuka buku, dan mereplikasikan melalui seni instalasi tersebut,” terangnya.

Masih menurutnya, seni instalasi itu dibuat H-5 sampai H-3 kemarin. Saat membuat, jelas dia, para siswa hebohnya bukan main, sampai tetangganya ikut semua.

Ia mengaku, dengan kegiatan demikian, pihaknya bukan hanya mengajak para pelajar memuji-muji, dan mengenang-ngenang. Tapi, lebih kepada meneladani keikhlasan, dan kebaikan para pahlawan.

Imron, Siswa kelas x IPA 2, mengaku dapat banyak pelajaran dari kegiatan tersebut, tentu salah satunya adalah nilai-nilai kepahlawanan.

“Perjungan kami sebagai pelajar saat ini adalah belajar, dan menciptakan prestasi sebanyak-banyaknya,” katanya.

Renacananya, patung pahlawan, yang terbuat dari barang bekas dan sampah lingkungan itu, akan dipajang di depan SMA Negeri 1 Tenggarang, mulai peringatan Hari Pahlawan, yakni tanggal 10 sampai 30 November mendatang.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com