Lampaui Target Capaian, Jokowi Beri Bonus Atlet Asian Para Games 2018

Home / Berita / Lampaui Target Capaian, Jokowi Beri Bonus Atlet Asian Para Games 2018
Lampaui Target Capaian, Jokowi Beri Bonus Atlet Asian Para Games 2018 Presiden Joko Widodo memberikan secara langsung bonus para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Para Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Oktober 2018. (FOTO: Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan secara langsung bonus kepada atlet Indonesia yang berlaga di Asian Para Games 2018. Pertemuan dihelat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam pernyataan resminya, Sabtu (13/10/2018) menyampaikan bahwa Presiden menyerahkan bonus tersebut secara simbolis kepada perwakilan atlet.

Untuk medali emas diwakili Hendi Wirawan, atlet cabang catur. Aris, atlet cabang renang untuk medali perak, dan Sriyanti atlet cabang lawn bowl untuk medali perunggu.

Tim-Asia-Para-gmaes.jpg

Tak hanya itu, untuk mengapresiasi para atlet yang belum berhasil mendapatkan medali, Presiden juga menyerahkan bonus yang diwakili oleh Rahayu atlet cabang angkat berat.

Besaran bonus berupa tabungan yang diterima para atlet ini pun sama dengan bonus untuk para peraih medali Asian Games 2018 lalu, yakni Rp 1,5 miliar untuk peraih medali emas. Rp 1 miliar untuk peraih medali perak, dan Rp 750 juta untuk peraih medali perunggu.

Sementara untuk atlet yang belum mendapatkan medali diberikan bonus apresiasi sebesar Rp 20 juta.

Banyaknya bonus yang diberikan pemerintah ini pun membuat Presiden sempat berkelakar bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikeluarkan pun menjadi lebih banyak.

"APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak. Tapi kita syukuri alhamdulillah karena ini untuk nama bangsa dan negara Indonesia. Saya akan serahkan langsung pada pagi hari ini bonus. Bonusnya sama seperti Asian Games, Asian Para Games dan Asian Games sama. Yang jelas yang dapat emas itu dapat Rp 1,5 miliar," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, bonus yang diserahkan kepada para atlet tersebut sesuai dengan prestasi yang telah ditorehkan para anak bangsa.

"Negara tidak rugi memberikan itu kepada bapak dan ibu yang telah mengangkat harkat dan martabat negara kita ke kancah Asia. Mungkin yang dapat emas yang belum hadir di sini akan saya serahkan sendiri. Kan masih ada waktu sampai sore. Saya rasa itu. Sekali lagi saya amat bangga pada saudara-saudara sekalian," tandasnya.

Jokowi-kasih-bonus-2.jpg

Presiden kemudian mengajak para atlet dan ofisial untuk berfoto bersama di halaman belakang Istana Bogor. Setelah foto bersama, para atlet kemudian bersantap siang bersama di Gedung Sayap Kiri Istana Kepresidenan Bogor.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission kontingen Indonesia Arminsyah.

Kontingen Indonesia hingga Sabtu sore, 13 Oktober 2018 telah mengoleksi 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu dan bertengger di posisi kelima klasemen perolehan medali. Prestasi atlet Asian Para Games 2018 ini melebihi target awal yang ditetapkan Jokowi, yakni 16 emas dan posisi 8 besar. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com