Warga Kedung Banteng dan Lapindo Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai

Home / Berita / Warga Kedung Banteng dan Lapindo Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai
Warga Kedung Banteng dan Lapindo Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sungai Warga Desa Kedungbanteng bergotong royong membersihkan sampah dialiran sungai dibantu alat berat bantuan dari Lapindo Brantas Inc (FOTO: Rudy/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, SIDOARJO – Warga Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo bersama Lapindo Brantas Inc bergotong royong membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai yang melintasi desa tersebut agar aliran sungai tak terhambat dan lancar menjelang musim hujan nanti.

Volume sampah yang menggenangi aliran sungai Desa Kedungbanteng memang sangat banyak dan sangat membutuhkan bantuan alat berat, karena tenaga manusia dapat dipastikan tidak akan sanggup membersihkanya. Oleh karena itu warga desa meminta dukungan pihak Lapindo Brantas Inc untuk membersihkan sampai di sungai tersebut.

"Kegiatan pembersihan sampah di aliran sungai ini didukung Lapindo Brantas Inc dengan menurunkan satu unit eskavator dan satu unit truk karena volumenya sangat banyak. Di sungai desa kami ini banyak sampah rumah tangga dari plastik dan tanaman enceng gondok. Tumpukan sampah dan tanaman enceng gondok mengakibatkan aliran air di sungai ini mampet, makanya kami meminta bantuan pihak Lapindo untuk membersihkan sampah ini," kata M Gofur

 Gofur menambahkan jika pada musim kemarau seperti saat ini debit air sungai berkurang banyak, sehingga tekanan aliran air juga tidak terlalu kuat mengalir sehingga sampah dan enceng gondok memenuhi aliran sungai. Jika ini dibiarkan nanti pasti pada musim penghujan akan menyebabkan banjir. Tak hanya itu bau yang ditimbulkan akibat tumpukan sampah disungai ini juga sangat menyengat.

"Jika tidak dibersihkan sampah ini juga pasti menimbulkan penyakit karena banyaknya barang busuk yang mengundang lalat. Oleh karena itu lewat bantuan alat berat Lapindo  Brantas Inc dengan dibantu warga, sungai jadi bersih," ucap Gofur senang.

Sementara itu, kepada TIMES Indonesia, Humas Lapindo Brantas Inc Moh Ichwan mengatakan, jika kegiatan pembersihan sungai itu dilakukan secara spontanitas dimana salah satu tokoh desa tiba-tiba meminta pihak Lapindo untuk mendatangkan alat berat dan truk besar untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada disepanjang aliran sungai itu.

"Permintaan warga langsung kami penuhi, hal ini sebagai bentuk kehadiran dan kepedulian Lapindo Brantas Inc untuk berpartisipasi menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan masyarakat," katanya kepada TIMES Indonesia.

Lebih jauh, Moh Ichwan berharap kesadaran warga terutama yang menetap atau tinggal di bantaran aliran sungai agar lebih peduli terhadap sampah. Dan yang terpenting jangan membuang sampah sembarang terutama di aliran sungai, karena setelah dibersihkan, sampah biasanya akan segera menumpuk lagi di sungai pada beberapa hari ke depan jika kesadaran tersebut tidak diindakan warga.

"Kepedulian Lapindo terhadap kebersihan tidak hanya memberikan bantuan spontanitas seperti alat berat saja. Lapindo juga memberikan tempat sampah di setiap rumah di wilayah sekitar operasional produksi gas yang dikelola Lapindo di kawasan Tanggulangin tersebut," imbuhnya.

Tak hanya itu, Moh Ichwan juga menegaskan, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan tertata, pihak Lapindo juga menjalin kerja sama dengan warga untuk melakukan menanaman pohon, sehingga lingkungan warga menjadi bersih, hijau, dan asri. "Jika desa banyak tanaman yang rindang maka lingkungan akan hijau dan asri," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com