Dilombakan se-Jatim, Kampung Tangguh di Kota Malang Masuk Tahap Verifikasi

Home / Berita / Dilombakan se-Jatim, Kampung Tangguh di Kota Malang Masuk Tahap Verifikasi
Dilombakan se-Jatim, Kampung Tangguh di Kota Malang Masuk Tahap Verifikasi Petugas melakukan verifikasi lomba Kampung Tangguh Semeru di Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, MALANGKampung Tangguh Semeru yang tersebar di seluruh Jawa Timur dilombakan oleh Polda Jatim. Di Kota Malang, Kampung Tangguh Semeru ini telah memasuki tahap verifikasi.

Menurut informasi yang dihimpun, ada sejumlah Kampung Tangguh yang akan dilombakan. Diantaranya adalah Kampung Tangguh Narubuk, Glintung, Tlogomas, Kasin, Bareng Tenes, Polehan dan Ledok.

lomba-Kampung-Tangguh-2.jpg

Salah satu tim verifikasi Polresta Malang Kota, M Rianto menjelaskan program lomba Kampung Tangguh ini saat ini mulai memasuki tahap verifikasi.

"Kami di Tim Wilayah Tlogomas melakukan verifikasi di beberapa Kampung Tangguh Semeru. Ada beberapa tim yang terjun. Hasilnya akan kami laporkan kepada ketua tim," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Ia mengapresiasi inovasi warga di RW 07, Tlogomas, Kota Malang yang gencar melakukan inovasi dan kreativitas untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kelengkapannya sudah baik. Inovasi dari kampung tangguh ini tiap hari Minggu anak-anak TK atau SD kan sudah lama gak sekolah, mereka jenuh. Inovasinya belajar di lapangan. Belajar di alam. Itu sangat bagus. Prinsipnya ramah anak," bebernya.

Ia juga memberikan jempol atas penerapan lumbung pangan kampung yang berjalan efektif hingga saat ini. Persiapan pangan untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 ini dinilai sangat bagus diterapkan. "Bagus. Warga yang tidak mampu mendapatkan bantuan dari warga yang mampu. Gotong royongnya tinggi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 7 Sutrisno Atim menjelaskan gerakan di Kampung Tangguh dijalankan oleh semua elemen masyarakat baik muda maupun tua. Karang taruna, PKK, takmir dan warga lainnya aktif terjun lapangan.

"Alhamdulillah warga di sini semuanya kompak. Mereka sendiri yang meminta, datang ke rumah saya dan usul seperti ini. Ya kita jalankan bareng-bareng," ujarnya.

lomba-Kampung-Tangguh-3.jpg

Kampung Tangguh ini menjadi perhatian Tim Satgas Covid-19 UB TNI-Polri dan relawan MBLC. Kampung tangguh dikonsep dengan tujuh kekuatan untuk menangani Covid-19 dan dampaknya dari potensi masyarakat di kampung.

Pihaknya berharap Kota Malang berhasil menjadi juara dan Kampung Tangguh Semeru menjadi percontohan di Nasional karena lahirnya kampung tangguh ini ada di Kota Malang. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com