BNPB Segera Tambah Mobil PCR untuk Jatim

Home / Berita / BNPB Segera Tambah Mobil PCR untuk Jatim
BNPB Segera Tambah Mobil PCR untuk Jatim Kalaksa BPBD Suban Wahyudiono, Sabtu (30/5/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESSURABAYA, SURABAYA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akan memberi tambahan bantuan satu lagi mobil PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk Pemprov Jatim.

“Telepon Bapak Kepala BNPB (Doni Monardo) tadi siang pukul 12.30 WIB, bahwa beliau akan menambah mobil yang isinya empat mesin PCR,” ungkap Koordinator Rumpun Gugus Tugas Logistik Covid-19 Jatim, Suban Wahyudiono di Surabaya, Sabtu (30/5/2020) malam.

Sebelumnya, Pemprov Jatim mendapat bantuan dua mobil PCR namun berujung gaduh lantaran Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma mengklaim peruntukannya buat Surabaya tapi dialihkan Pemprov ke daerah lain.

Risma bahkan menunjukkan aksi marah-marah dan viral di media sosial. Namun klaimnya tersebut akhirnya diluruskan Suban dan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, dokter Joni Wahyuhadi.

Terkait tambahan satu mobil PCR untuk Jatim, lanjut Suban yang juga Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, rencananya akan diserahkan Kamis (4/6/2020) mendatang. Selanjutnya, untuk prioritas, satu mobil akan standby di Surabaya.

“Yang dua unit untuk kota/kabupaten yang belum ada lab-lab (PCR maupun TCM/Tes Cepat Molekuler) itu. (Tiga mobil PCR tersebut) untuk Jatim semua. Ya, (arahan) langsung (dari Doni Monardo,” kata Suban.

Sebelumnya, Pemprov Jatim mengajukan permohonan mesin RT-PCR sebanyak 15 unit (Merk abboth 580 atau roche cobas Z 480) serta cartridge sejumlah 3.500 buah bagi rumah sakit yang memiliki kemampuan melakukan TMC GeneXpert.

Permohonan untuk dukungan percepatan penegakan diagnosis Covid-19 itu, diajukan lewat surat Nomor 00/34/COVID.19/V/2020 tertanggal 11 Mei 2020 diteken Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parwansa.

Sementara terkait jadwal layanan mobil PCR, Sabtu (30/5/2020) pagi kedua mobil beroperasi di Surabaya. Satu di Gelora Pancasila, dan satu lainnya di Kampung Tangguh Kelurahan Karah, Kecamatan Tambaksari.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com