Cover Lagu Lebaran, Dokter Non Muslim di Surabaya Ajak Masyarakat Junjung Toleransi

Home / Berita / Cover Lagu Lebaran, Dokter Non Muslim di Surabaya Ajak Masyarakat Junjung Toleransi
Cover Lagu Lebaran, Dokter Non Muslim di Surabaya Ajak Masyarakat Junjung Toleransi Video cover ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri oleh dr. Bob J Octovianus. (FOTO: instagram @askbobrsos)

TIMESSURABAYA, SURABAYA – Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan selama satu bulan, tepat pada tanggal 24 Mei 2020 lalu umat muslim merayakan kemenangan hari Raya Idul Fitri 1441 H. Melengkapi lebaran 2020, masyarakat melanjutkan dengan tradisi saling maaf memaafkan. Berbagai bentuk ucapan dari umat muslim hingga non muslim diungkapkan secara langsung, tulisan, suara, video, hingga alunan musik.

dr. Bob J Octovianus, Dokter Spesialis Bedah Payudara di Rumah Sakit Onkologi Surabaya membuat karya berupa cover instrument lagu hari raya Idul Fitri yang dipopulerkan oleh Gita Gutawa pada enam tahun silam.

"Soal lagu saya tidak berpacu apa yang viral tetapi berpacu pada apa yang ada di kepala saya sebagai ide dan referensi lagu lebaran yang sering saya dengar," ujar dr. Bob kepada TIMES Indonesia, Rabu (27/6/2020).

dr. Bob yang beragama Kristen Protestan ini mengaku telah membuat cover sebagai bentuk ucapan hari Raya Idul Fitri kepada umat muslim sejak tahun 2018.

Bob-J-Octovianus-2.jpg

"Awal membuat instrument lagu hari raya Idul Fitri sejak tahun 2018, lalu 2019 juga saya buat. Pada saat umat Muslim merayakan hari raya saya juga ikut senang," ungkap dr. Bob yang bercerita sejak kecil sudah diajarkan untuk menjunjung tinggi rasa toleransi antar umat beragama lain darinya.

"Memang sata masa kecil tahun 80an memang Indonesia masih sangat kental sekali toleransinya," ujarnya.

Kendati demikian, di tengah pandemi Corona (Covid-19) ini, umat muslim dianjurkan untuk merayakan hari raya Idul Fitri di rumah dan mengungkapkan rasa maaf kepada teman atau sejawat melalui online. 

Hal ini semakin memantik dr. Bob untuk membuat karya berbeda untuk dibagikan ke media sosialnya.  "Menurut saya itu memang ucapan tetapi karena terlalu sering jadinya biasa saja karena kan biasanya kita tinggal copy paste lalu mengirimkan ke sejawat atau teman. Nah saya ingin membuat sesuatu yang memang ada proses berpikir dan kreatifnya. Terlebih saya juga senang bermain musik jadi saya mencoba untuk membuat komposisi itu," jelasnya.

dr. Bob berpesan kepada seluruh masyarakat terutama pada saat pandemi Covid-19 ini kita dianjurkan untuk di rumah namun harus tetap produktif dan mengambil sisi positif dari sebuah musibah ini. Menurutnya, dengan berfikir positif dan meletakkan cinta diatas segalanta bidup terasa lebih indah. Seperti saling toleransi, menyayangi, dan memahami.

"Kondisi yang kita hadapi ini sekarang ada yang sedikit terbebani, terbebani, dan sangat-sangat terbebani. Nah kalau kita menaruh cinta diatas semua itu saya rasa bisa berjalan bersama-sama. Jadi jangan pernah hilangkan cinta di hati kita. Lalu untuk umat Muslim saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 2020 mohon maaf lahir batin, semoga kita selalu ada dalam berkah dan cinta Tuhan," ungkap dr. Bob J Octovianus. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com