Visa Umrah Ditunda, Kemenag RI Pastikan Belum Ada Jemaah Bontang Gagal Berangkat.

Home / Berita / Visa Umrah Ditunda, Kemenag RI Pastikan Belum Ada Jemaah Bontang Gagal Berangkat.
Visa Umrah Ditunda, Kemenag RI Pastikan Belum Ada Jemaah Bontang Gagal Berangkat. Staf PHU Kemenag Kota Bontang, Lukman (FOTO: Istimewa)

TIMESSURABAYA, BONTANG – Keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menunda visa bagi jemaah umrah indonesia tidak berimbas langsung kepada umat muslim di Kota Bontang.

Dari pantauan, sejak ditetapkan keputusan tersebut Kementerian Agama RI (Kemenag RI) Kota Bontang telah melakukan koordinasi kepada agen penyelenggara umrah yang ada di wilayahnya. Dan agen penyelenggara umrah pun tidak memberikan informasi terkait jemaah yang tidak jadi berangkat ke Tanah Suci.

"Sampai hari ini belum ada laporan yang masuk ke kami," ujar Staf Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Bontang, Lukman kepada Bontang TIMES, Sabtu (29/02/2020).

Pihaknya telah mengimbau kepada agen penyelenggara umrah di Kota Bontang untuk tetap berkoordinasi kepada pemerintah terkait jemaah yang tertunda keberangkatannya.

"Kita juga sudah menghimbau kepada travel yang ambil rekomendasi agar melaporkan. Kami juga punya grup penyelenggara umrah se-Kota Bontang mereka belum ada laporan korban terkait itu," jelasnya.

Selain itu jika terdapat pihak yang mempertanyakan keputusan pembatalan umrah tersebut, Kemenag Bontang telah menyiapkan langkah antisipasi dalam menjawab kondisi tersebut.

Akan tetapi Lukman tetap mengimbau agen penyelenggara agar tidak terburu-buru mengambil keputusan. Ia pun meminta untuk tetap memberikan pengertian kepada jemaah nantinya jika ditemukan kondisi yang serupa.

"Kepada Travel tetap pada koridor pendaftaran aturan umrah. Jangan hanya sekadar kepingin berangkat. Harus menjelaskan juga kepada jemaah calon umrahnya kondisi sesungguhnya dan kepada jemaah tahan-tahan dirilah dulu sampai kondisi ini stabil," ujarnya.

Sementara itu salah satu agen penyelenggara umrah di Kota Bontang, Aryati menyambut baik penetapan kebijakan pembatalan visa jemaah umrah indonesia yang disinyalir terkait virus corona tersebut. "Iya mudahan 2 pekan ke depan sudah dibuka kembali," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com