BPBD akan Berikan Bantuan Material Korban Angin Kencang di Kabupaten Blitar 

Home / Berita / BPBD akan Berikan Bantuan Material Korban Angin Kencang di Kabupaten Blitar 
BPBD akan Berikan Bantuan Material Korban Angin Kencang di Kabupaten Blitar  BPBD bersama relawan sedang membersihkan puing rumah korban angin kencang, Selasa (28/1/2020). (Foto: Istimewa)

TIMESSURABAYA, BLITAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar akan memberikan bantuan material bangunan kepada korban angin kencang di Desa Lorejo Kecamatan Bakung dan Desa Pasiraman Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cilik mengatakan, pihaknya akan memberikan material untuk memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan. 

"Kami akan memberikan bantuan material dan sembako juga, terutama untuk rumah yang rusak berat," katanya, Selasa (28/1/2020).

Cholik menambahkan, saat ini, BPBD masih mengkaji kemampuan anggaran yang disiapkan untuk tanggap darurat bencana. Menurutnya, dana tanggap darurat bencana tidak serta merta bisa digunakan karena harus melihat jenis bencana, jangkauan dan korban bencana.

"Pemerintah daerah memiliki kewajiban membantu para korban yang mengalami bencana. Dana itupun dikeluarkan harus atas perintah bupati," jelas Cholik.

Untuk diketahui, bahwa kemarin, Senin (27/1/2020) sore telah terjadi angin kencang di Desa Lorejo Kecamatan Bakung dan di Desa Sasiraman Kecamatan Wonotirto. Dalam  kejadian itu, 66 rumah mengalami kerusakan. Ada tiga rumah yang mengalami rusak berat sisanya rusak ringan dan sedang. 
Juga, ada dua kandang ayam rusak berat.

"Dua kandang ini mengalami kerugian cukup banyak karena ternak juga banyak, informasinya ternaknya juga siap panen,"  ungkap Cholik. 

Hari ini, BPBD bersama Tagana, dan relawan melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan puing rumah warga yang menjadi korban angin kencang tersebut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com