Indikator
  • Undercontruction

Sepatu Anda Kekecilan? Ini Tips Menyiasatinya

Home / Gaya Hidup / Sepatu Anda Kekecilan? Ini Tips Menyiasatinya
Sepatu Anda Kekecilan? Ini Tips Menyiasatinya Ilustrasi - Tips mensiasati sepatu kekecilan (FOTO: wisegeek)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Anda memiliki sepatu kekecilan? Jangan langsung diberikan orang atau dibuang. Anda masih bisa lho menyiasatinya agar bisa digunakan lagi. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips menyiasati sepatu kekecilan berikut ini.

1. Menggunakan Kantong Air dan Freezer

Cara ini bisa Anda lakukan untuk sedikit melonggarkan sepatu yang kekecilan. Suhu dingin efektif membuat sepatu berbahan kain dan plastik melar. Namun cara ini tidak berlaku untuk sepatu bahan kulit karena akan memicu kelembaban pada kulit sehingga rentan tumbuh jamur.

Caranya, isi 2 kantong plastik dengan air sampai memenuhi ruangan pada sepatu. Masukan kantong air ke dalam sepatu. Lalu, masukkan sepatu ke dalam freezer. Diamkan semalaman hingga air menjadi es batu. Terakhir, keluarkan dari freezer dan diamkan hingga es mencair.

2. Menggunakan Hair Dryer

Membesarkan sepatu kulit yang kekecilan sebaiknya menggunakan cara ini, karena kulit akan melar jika dipanaskan. Gunakan cara ini dengan hati-hati karena suhu panas juga akan merusak lem sepatu.

Caranya, gunakan kaus kaki tebal untuk melindungi kaki dari udara panas. Pakai sepatu yang kekecilan lalu mulailah memanaskan dengan jarak 10 cm dari sepatu. Lakukan langkah ini selama 30 detik dengan gerakan memutar atau digoyang-goyang. Jangan menggunakan hair dryer terlalu dekat karena bisa membuat kulit sepatu rusak.

3. Menggunakan Koran Basah, Kaos Kaki, atau Kain

Membesarkan sepatu kekecilan dengan koran basah hanya bermanfaat untuk sepatu berbahan kain. Metode koran basah terbilang cukup mudah tapi efeknya sepatu menjadi sedikit basah sehingga tidak dapat langsung di pakai.

Caranya, ambil koran lalu celupkan ke dalam air. Remas koran dan masukan ke dalam sepatu. Lakukan terus hingga koran memadati sepatu dan bentuknya berubah (sedikit bengkak). Biarkan semalaman lalu keringkan sepatu.

Selain menggunakan koran basah, Anda bisa menyiasati sepatu kekecilan dengan kaos kaki ataupun kain. Caranya pun sama. Masukkan kaos kaki atau kain ke dalam sepatu, diamkan semalaman. Besoknya sepatu kekecilan tersebut bisa digunakan lagi. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com