Indikator
  • Undercontruction

Pilpres 2019 Roy Suryo Bilang Demokrat Tetap Usung Ketua Kogasma AHY

Home / Politik / Pilpres 2019 Roy Suryo Bilang Demokrat Tetap Usung Ketua Kogasma AHY
Pilpres 2019 Roy Suryo Bilang Demokrat Tetap Usung Ketua Kogasma AHY Ketua Kogasma AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JAKARTAWaketum Partai Demokrat Roy Suryo mengakui, partainya terus menunggu hasil uji materi Presidential Threshold di Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Sikap menunggunya itu agar bisa mengusung Ketua Kogasma AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) di Pilpres 2019. 

"Kalau itu diterima, konstelasinya saya yakin pasti akan berubah total. Angka 20 persen PT mungkin jadi 0 persen, atau mungkin menjadi angka tengah, itu akan membuka jalan," katanya di Workroom Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, (12/7/2018).

Roy Suryo menegaskan, jika sudah ada putusan MK terkait ambang batas pencalonan presiden jadi nol persen atau angka tengah, tentu partainya akan mengusung Ketua Kogasma AHY sebagai calon presiden 2019. 

"Kami ibaratnya partai kalau partai itu memang mau maju, kan harus punya yang dijagokan. Secara demokratis, secara realistis kader-kader Demokrat di Indonesia menginginkan Mas AHY untuk menjadi the next leader kita," ungkap Roy. 

Untuk menyukseskan rencana ini, Demokrat terus melakukan penjajakan koalisi dengan sejumlah partai. Salah duanya, kata Roy, melalui pertemuan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu. 

"Jadi semua kita buka opsinya, jadi kita masih terbuka dengan apsi A, opsi B, termasuk opsi yang lain," ucap Roy. 

Diketahui, Demokrat sampai saat ini memang menjadi salah satu partai yang belum menentukan sikap di Pilpres 2019. April lalu, Ketua DPP Demokrat, Dede Yusuf menyatakan partainya akan menentukan sikap Juli ini. 

Sementara, sosok AHY memang menjadi pilihan utama Demokrat untuk diusung di Pilpres 2019. Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pun rajin bersafari politik ke daerah-daerah, sejak kalah di Pilgub DKI Jakarta 2017 sampai sekarang. 

Atas usahanya itu, sejumlah lembaga survei menempatkan elektabilitas AHY hampir selalu di 10 besar capres atau cawapres 2019. Namanya pun disebut sebagai pendamping yang pas bagi Jokowi dan Prabowo Subianto.

Bahkan, belakangan, DPP Demokrat sudah mengeluarkan tiga opsi konfigurasi Ketua Kogasma AHY di Pilpres 2019. Ada, Jusuf Kalla-AHY, Prabowo-AHY, dan Anies-AHY. Ketiga opsi tersebut diklaim berdasarkan hasil survei kader. Namun Waketum Partai Demokrat Roy Suryo tetap menunggu hasil di MK. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com