Indikator
  • Undercontruction

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Meski Macet saat Mudik Lebaran

Home / Kesehatan / Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Meski Macet saat Mudik Lebaran
Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Meski Macet saat Mudik Lebaran ILUSTRASI Wanita sedang berolahraga. (FOTO: UrbanLoka)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Menempuh perjalanan jauh dan macet menjadi khas mudik Lebaran. Berkendara dalam waktu yang cukup lama pasti akan membuat tubuh terasa sangat lelah. Terlebih lagi jika jalan ramai dan terjebak macet. Rasa lelah saat menempuh perjalanan panjang bisa memicu berbagai penyakit seperti mual, muntah, dan pusing. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap fit dan bugar selama terjebak macet di dalam kendaraan. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut tips agar tetap bugar saat terjebak macet.

1. Luangkan Waktu untuk Peregangan
Duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam pasti akan membuat tubuh Anda terasa pegal-pegal, bahkan otot bisa terasa kram. Segera atasi masalah tersebut dengan cara meluangkan waktu untuk melakukan peregangan. Sebab, jika dibiarkan terlalu lama maka akan berbahaya bagi kesalamatan Anda saat sedang berkendara.

Jika tempatnya memungkinkan, Anda  bisa keluar dari mobil sejenak dan melakukan peregangan di luar mobil agar lebih maksimal. Selain itu, Anda juga bisa berhenti dan beristirahat di tempat peristirahatan yang berada di rest area. Dengan meluangkan waktu untuk beristirahat, maka tubuh Anda akan kembali terisi energi dan bisa fit kembali. Sehingga, perjalanan Anda tetap lancar walaupun terjebak macet sekalipun.

2. Membawa Bekal Makanan dan Minuman
Merencanakan perjalanan ke tempat yang jauh dan dengan kondisi lalu lintas padat, jangan lupa untuk selalu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Bawalah makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin lengkap serta air putih.

Makanan dan minuman tersebut bisa Anda konsumsi pada saat tubuh terasa lelah dan lapar disaat sedang terjebak macet. Sebab, ketika macet kendaraan Anda tidak akan bisa menepi untuk berhenti sejenak ataupun untuk pergi ke warung makan. Sehingga, akan lebih baik jika Anda mengisi perut dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang Anda bawa sendiri.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap bugar saat terjebak macet. Selain itu, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat menjelang mudik Lebaran agar selama dalam perjalanan Anda tidak mengalami kendala kesehatan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com