Indikator
  • Undercontruction

Tips Mencegah Badan Lemas selama Puasa, Mudah Banget Lho!

Home / Kesehatan / Tips Mencegah Badan Lemas selama Puasa, Mudah Banget Lho!
Tips Mencegah Badan Lemas selama Puasa, Mudah Banget Lho! Ilustrasi - Makan sahur (FOTO: iStock)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Ramadhan datang, di bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Tak jarang orang merasa mudah lemas saat menjalani puasa Ramadhan ini. Hal ini dikarenakan tubuh belum bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Nah, untuk mencegah badan lemas selama puasa Anda dapat menyiasatinya dengan melakukan beberapa tips berikut yang dilansir dari Klik Dokter.

1. Jangan pernah lewatkan sahur

Sebagian orang sangat sulit untuk bangun sahur. Terkadang mereka melewatkan sahur dan lebih memilih untuk tidur. Padahal sahur sangat penting untuk mengisi cadangan energi saat berpuasa sepanjang hari.

2. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur

Karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat dan ragi dibandingkan karbohidrat sederhana yang banyak mengandung gula. Karbohidrat kompleks lebih lama diolah oleh tubuh, sehingga energi tidak cepat habis.

3. Konsumsi makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein membantu tubuh agar tidak lemas sepanjang hari saat puasa. Protein yang disarankan seperti ikan, susu, dan telur.

4. Konsumsi banyak cairan

Dehidrasi merupakan penyebab utama Anda merasa lemas selama puasa. Pastikan Anda cukup mengonsumsi cairan saat sahur dan berbuka. Asupan cairan yang Anda harus minum minimal 8 gelas. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi.

5. Hindari minuman kafein

Hindari konsumsi teh, kopi dan minuman bersoda. Kafein memiliki sifat diuretik, artinya menarik cairan dari dalam tubuh. Sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Hal ini membuat tubuh lebih mudah dehidrasi selama puasa.

6. Tetap olahraga

Bulan puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Sesaat sebelum berbuka merupakan waktu yang ideal untuk olahraga. Dengan tetap rutin melakukan olahraga, maka tubuh akan tetap fit dan tidak lemas. Lakukan olahraga yang lebih ringan seperti joging, lari, berenang ataupun treadmill.

Tips di atas bisa menjadi pilihan untuk mencegah badan lemas selama puasa. Jika lemas berkelanjutan disertai adanya riwayat penyakit seperti diabetes, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan sampai kondisi ini mengganggu puasa Ramadhan Anda. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com