Indikator
  • Undercontruction

Ingin Donor Darah saat Puasa? Ikuti Tips Sederhana Ini

Home / Kesehatan / Ingin Donor Darah saat Puasa? Ikuti Tips Sederhana Ini
Ingin Donor Darah saat Puasa? Ikuti Tips Sederhana Ini Donor darah (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESSURABAYA, JAKARTA – Stok darah untuk transfusi darah di PMI selalu menipis pada bulan puasa Ramadhan karena sedikitnya pendonor darah. Hal ini terjadi karena banyak yang beranggapan donor darah saat berpuasa tidak aman. Sebenarnya amankah donor darah saat puasa?

Pada dasarnya, mendonorkan darah selama berpuasa aman dilakukan oleh orang yang sehat. Akan tetapi, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat donor darah selama puasa seperti waktu dan persiapan donor darah.

1. Waktu

Waktu yang paling tepat untuk melakukan donor darah selama puasa adalah pagi hari atau malam hari setelah berbuka. Pada siang dan sore hari, biasanya tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh akibat puasa. Pengambilan darah pada siang dan sore hari berisiko menyebabkan pusing dan turunnya tekanan darah. Bagi wanita, donor darah selama masa menstruasi juga tidak dianjurkan.

2. Persiapan

Jika ingin melakukan transfusi darah, persiapkan diri Anda sejak satu hari sebelumnya. Pastikan Anda makan sahur yang bernutrisi serta banyak minum air untuk menjaga daya tahan tubuh dan kecukupan cairan tubuh selama puasa. Selain itu, istirahatlah sehari sebelum donor agar kondisi tubuh Anda optimal untuk melakukan donor darah.

Berdasarkan penjelasan di atas, melakukan donor darah saat puasa ternyata aman. Asalkan donor dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan persiapan yang baik. Perhatikan hal di atas agar puasa Ramadhan Anda tak terganggu. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com