Indikator
  • Undercontruction

Penumbuh Jambang Apis Beard, Karya Mahasiswa UB Juara di Ajang Internasional

Home / Pendidikan / Penumbuh Jambang Apis Beard, Karya Mahasiswa UB Juara di Ajang Internasional
Penumbuh Jambang Apis Beard, Karya Mahasiswa UB Juara di Ajang Internasional Produk penumbuh jambang Apis Beard, dari mahasiswa UB berhasil menjuarai ajang InIIC (FOTO: @apisbeard_official/Instagram)

TIMESSURABAYA, MALANG – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) kembali menorehkan prestasi di ajang internasional. Prestasi ini ditorehkan di ajang International Invention and Inovative Competition (InIIC) Series I 2018,  dengan menyabet emas untuk penemuan penumbuh jambang Apis Beard

Apis Beard merupakan sebuah penumbuh jambang, jenggot, dan kumis yang berbahan alami dan memiliki harga ekonomis.

Produk ini diciptakan oleh 5 mahasiswa Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Kimia UB. Kelima mahasiswa tersebut yakni Guruh Prasetyo (Fapet 2014), M Andika Yudha H (Fapet 2016), M Farhan Baehaqi (Fapet 2016), Helmy Aulia Muhammad (FP 2016) dan M Rizal Fauzi (Teknik Kimia 2014), yang dibimbing langsung oleh Firman Jaya, MP. 

Ketua Tim, Guruh Prasetyo mengatakan Apis Beard memiliki kandungan biotin dan bee pollen yang terfemtasi dari sarang lebah. Bahan ini memiliki peran penting dalam menumbuhkan rambut, terutama dalam jambang atau jenggot. 

"Kami bersyukur dapat meraih emas di ajang ini," katanya.

mahasiswa-UB.jpg

Guruh menyebutkan inovasi ini berawal dari fenomena yang kini tengah kembali tren di kalangan pria dewasa untuk menumbuhkan jenggot, atau jambang.

Menurut sejarah, dikatakanna, jambang atau kumis sering digunakan untuk memberikan kesan maskulin.

"Bahkan di era Yunani Kuno, di peradaban Mesopotamia, jenggot pada pria dianggap sebagai tanda kehormatan seorang pria," katanya.

Produk Apis Beard ini juga merupakan salah satu Program Kreatifitas Mahasiswa (OKM) yang didanai oleh Kemenristek Dikti.

Produk penumbuh jambang Apis Beard ini telah menunjukkan prestasinya dalam ajang internasional IInIIC yang diselenggarakan oleh MNF Network Malaysia yang berlangsug di Federal Bukit Bintang Road, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 12 Mei 2018 lalu. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com